Susilowati, Christin (2015) Corporate Social Responsibility Dan Orientasi Pasar Peranannya Dalam Meningkatkan Kinerja Bisnis Perusahaan (Studi Pada Industri Air Minum Dalam Kemasan Di Jawa Timur ). Doctor thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Dalam konteks debat peran Corporate Social Responsibility terdapat dua pandangan yang berbeda, pertama bahwa tujuan utama bisnis adalah memperoleh laba optimal. Dalam pandangan ini CSR dianggap merongrong kondisi financial menjadikan perusahaan tidak sehat. CSR menimbulkan biaya, menurunnya efisiensi dan keuntungan akhirnya akan mempengaruhi kinerja bisnis. Pandangan kedua bahwa orientasi pada profit dari suatu perusahaan tidaklah bersifat sustainable bila mengabaikan stakeholder yang terlibat dalam sistem dan siklus bisnis perusahaan. Beberapa peneliti secara hipotetis menyatakan bahwa CSR memberikan manfaat atau nitai tambah bagi perkembangan dan kelangsungan perusahaan dalam jangka panjang. CSR dapat dilakukan dengan baik dan efektif bila perusahaan melakukan pendekatan yang sistematis terhadap isu di Iingkungan dan mengidentifikasi peluang. Hal ini merupakan aktualisasi orientasi pasar. Orientasi pasar pada perusahaan merupakan perwuju dan sensitivitas dan respon perusahaan pada stakeholder. Oleh karena itu bisnis yang berorientasi pada pasar akan berusaha mengintegrasikan kebutuhan social responsibility pada setiap aktivitas perusahaan Pada penelitian ini, dampak orientasi pasar dan CSR terhadap kinerja perusahaan diproposisikan terjadi melalui proses terbangunnya reputasi dan komitmen pegawai. Reputasi dan komitmen pegawai merupakan outcome implementasi orientasi pasar dan CSR. Penelitian ini bertujuan mengkaji lebih lanjut pola hubungan antara CSR dan orientasi pasar, dan akan mengeksploras; hubungannya dengan reputasi dan komitmen pegawai dalam meningkatkan kinerja bisnis perusahan. PeneJitian yang dilakukan pada industri Air Minum Dalam Kemasan ini menggunakan teknik analisis PLS untuk mengetahui hubungan variable yang ada dan dengan alasan sampel yang digunakan kecil hanya sebanyak 30 perusahaan. . Temuan dari penelitian ini adalah pengaruh CSR dan Orientasi Pasar terhadap Kinerja suatu perusahaan ditentukan oleh mediasi variable reputasi perusahaan,dan komitmen karyawan. Semakin kuat penerapan orientasi pasar dan CSR terbukti mampu membangun reputasi perusahaan menjadi lebih baik. Implementasi orientasi pasar, CSR dan reputasi yang dimiliki perusahaan terbukti memperkuat komitmen pegawai pada perusahaan. lmplementasi orientasi pasar dan tanggung jawab sosial perusahaan tidak mam meningkatkan kinerja perusahaan ,jika dalam implementasiya ,perusahaan tidak mampu mengkomunikasikannya secara efektif untuk membangun reputasi perusahaan dan meningkatkan komitmen pegawai pada perusahaan. Kata Kunci: Mediasi, CSR, Orientasi Pasar, Reputasi Perusahaan,Komitmen Karyawan,Kinerja perusahaan
Item Type: | Thesis (Doctor) |
---|---|
Identification Number: | DIS/658.408/SUS/c/2010/061508055 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management |
Divisions: | S2/S3 > Doktor Kimia, Fakultas MIPA |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 18 Nov 2015 10:02 |
Last Modified: | 18 Nov 2015 10:02 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/160619 |
Actions (login required)
View Item |