Suparyono, RWahyu (2014) Corporate Social Responsibility (CSR) Dalam Kerangka Environment-Strategy-Performance (E-S-P) (Studi pada Perusahaan BUMN Pelabuhan di Indonesia). Doctor thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Implementasi CSR perusahaan berarti perusahaan bukan hanya merupakan entitas bisnis yang hanya berusaha mencari keuntungan semata, tetapi perusahaan harus sebagai satu kesatuan dengan keadaan ekonomi, sosial dan lingkungan di mana perusahaan beroperasi. Penelitian ini dilakukan dengan mengkaji anteseden dan konsekuensi strategi CSR pada perusahaan pelabuhan BUMN di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh signifikan; (1) ketidakpastian lingkungan terhadap strategi CSR, (2) strategi CSR terhadap reputasi perusahaan, (3) strategi CSR terhadap komitmen organisasional, dan (4) pengaruh signifikan ketidakpastian lingkungan terhadap reputasi perusahaan. Jenis penelitian adalah survei. Kebutuhan data dalam penelitian ini yakni primer dan sekunder. Besaran target sampel yang akan dipakai dalam penelitian ini adalah 310 responden. Kuesioner disebarkan pada 310 responden dan dikembalikan sebesar 216 kuesioner. Hanya 176 kuesioner yang diisi lengkap serta bisa dipergunakan sebagai data penelitian. Responden dalam penelitian ini adalah Senior Manajer dan Asisten Senior Manajer di tiga lokasi perusahaan yakni PT. Pelindo I (Persero) di Medan, PT. Pelindo II (Persero) di Jakarta, PT. Pelindo III (Persero) di Surabaya dan PT. Pelindo IV (Persero) di Makasar. Untuk menguji hipotesis, teknik statistik yang digunakan adalah Partial Least Square. Hasil penelitian secara umum menyimpulkan bahwa; (1) strategi CSR bisa diimplementasikan dengan menggunakan pendekatan lingkungan-strategi-kinerja organisasional pada perusahaan BUMN pelabuhan di Indonesia, (2) anteseden dan konsekuensi dari strategi CSR bisa diintegrasikan dalam pendekatan lingkungan-strategi-kinerja organisasional dan (3) konsistensi temuan menghasilkan pola hubungan yang positif dari ketidakpastian lingkungan, strategi CSR, komitmen organisasional dan reputasi perusahaan. Hasil ini akan bisa mengurangi hambatan internal dalam proses implementasi strategi CSR pada perusahaan sehingga akan bisa meningkatkan komitmen organisasional dan reputasi perusahaan. Secara khusus menyimpulkan bahwa (1) ketidak-pastian lingkungan berpengaruh positif signifikan terhadap strategi CSR, (2) strategi CSR berpengaruh positif signifikan terhadap reputasi perusahaan, (3) strategi CSR berpengaruh positif signifikan terhadap reputasi perusahaan dan (4) ketidakpastian lingkungan berpengaruh berpengaruh positif signifikan terhadap reputasi perusahaan.
English Abstract
CSR implementation means that a company is not just a business entity that only tries to find profit, but it is a unity with the state of the economy, social, and environment in which the company operates. This study was conducted by examining the antecedents and consequences of CSR strategy on state-owned port companies in Indonesia. The purpose of this study is to examine and analyze the significant influence of; (1) environmental uncertainty on CSR strategy, (2) CSR strategy on the company s reputation, (3) CSR strategy on organizational commitment, and (4) significant influence of environmental uncertainty on the company’s reputation. This is a survey research. Primary and secondary data was needed in this study. The magnitude of the target sample used in this study was 310 respondents. The questionnaires were distributed to 310 respondents and 216 questionnaires were returned. Only 176 questionnaires were completed and can be used as a research data. Respondents in this study were a Senior Manager and a Senior Assistant Manager at four company locations; PT. Pelindo I (Persero) in Medan, PT. Pelindo II (Persero) in Jakarta, PT. Pelindo III (Persero) in Surabaya, and PT. Pelindo IV (Persero) in Makassar. To test the hypothesis, the statistical technique used was Partial Least Square. The results of this study generally concluded that; (1) CSR strategy can be implemented by using an environmental strategy to organizational performance approach on state-owned port companies in Indonesia, (2) the antecedents and consequences of CSR strategies can be integrated in the environmental strategy to organizational performance approach, and (3) the consistency of the findings resulted in a positive relationship pattern of environmental uncertainty, CSR strategy, organizational commitment, and the company’s reputation. These results could reduce the internal resistance in the implementation process of the company’s CSR strategy which could improve organizational commitment and the company’s reputation. Specifically, this study concluded that (1) environmental uncertainty has a significant positive effect on CSR strategy, (2) CSR strategy has a significant positive effect on the company’s reputation, and (3) environmental uncertainty has a significant positive effect on the company s reputation.
Item Type: | Thesis (Doctor) |
---|---|
Identification Number: | DIS/658.408/SUP/c/061501312 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management |
Divisions: | S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 28 Apr 2015 09:53 |
Last Modified: | 28 Apr 2015 09:53 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/160618 |
Actions (login required)
View Item |