Pengaruh Proses Internal dan Kepuasan Pelanggan terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Daerah Air Minum (Studi Pada Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Timur).

MuliarthaRM, Ketut (2014) Pengaruh Proses Internal dan Kepuasan Pelanggan terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Daerah Air Minum (Studi Pada Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Timur). Doctor thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kinerja Keuangan suatu Entitas baik swasta maupun BUMN / BUMD dapat dipengaruhi oleh Kinerja Proses Internal organisasi. Pada penelitian ini, digunakan Proses Internal, Kinerja Keuangan pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Timur dan kepuasan pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh proses internal, kepuasan pelanggan terhadap kinerja keuangan di Perusahaan Daerah Air Minum(PDAM) Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Timur. Data sekunder penelitian ini dikumpulkan dari 38 PDAM melalui Perpamsi Jawa Timur, data primer kepuasan pelanggan dikumpulkan dengan wawancara langsung kepada masyarakat pelanggan menggunakan teknologi Android berbasis GPS dengan klasifikasi pelanggan: golongan sosial, niaga, non niaga, dan industri, masingmasing 11 responden setiap golongan. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode Partial Least Square (PLS) Hasil penelitian menunjukkan bahwa Proses Internal PDAM tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan PDAM, namun pengaruh tidak langsung melalui kepuasan pelanggan adalah signifikan.

Item Type: Thesis (Doctor)
Identification Number: DIS/658.15/MUL/p/2014/061606139
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.1 Organization and financial management
Divisions: S2/S3 > Doktor Kimia, Fakultas MIPA
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 22 Dec 2016 08:56
Last Modified: 22 Dec 2016 08:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/160596
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item