Analisis Moderasi Yang Dimediasi Untuk Menjelaskan Pengaruh Struktur Kepemilikan Dan Ekspropriasi Aset Terhadap Nilai Perusahaan: Perspektif Teori Agensi Dan Teori Kontinjensi.

RrSriHandayani (2015) Analisis Moderasi Yang Dimediasi Untuk Menjelaskan Pengaruh Struktur Kepemilikan Dan Ekspropriasi Aset Terhadap Nilai Perusahaan: Perspektif Teori Agensi Dan Teori Kontinjensi. Doctor thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian terdahulu tentang pengaruh struktur kepemilikan dan ekspropriasi aset terhadap nilai perusahaan yang dikembangkan dalam kerangka kerja Teori Agensi menunjukkan hasil yang tidak konsisten. Perspektif Teori Agensi mengabaikan faktor-faktor baik situasional maupun kondisional yang melingkupi operasi perusahaan dan memengaruhi kinerja perusahaan (Aguilera dan Jackson, 2003). Eisenhardt (1989) merekomendasikan untuk menyempurnakan penggunaan Teori Agensi dengan teori-teori lain yang saling melengkapi karena teori-teori tersebut memiliki persinggungan dalam asumsi dan spektrumnya. Sebagai tindak lanjut dari rekomendasi tersebut penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi efek mediasi dari dividen dan moderasi dari arus kas bebas pada pengaruh struktur kepemilikan dan ekspropriasi aset terhadap nilai perusahaan yang dikembangkan dalam kerangka Teori Agensi yang terintegrasikan dengan Teori Kontinjensi. Sampel penelitian ini terdiri dari 346 tahun perusahaan (firms-years) dari perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2008-2012 dengan mengecualikan state ownership enterprise/ SOE. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan judgement sampling. Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan Teori Agensi dengan menambahkan variabel dari Teori Kontinjensi mampu memperluas spektrum, memperkaya, meningkatkan kompleksitas serta meningkatkan daya jelas secara statistik (statistical explanatian power) dari Teori Agensi. Penggunaan arus kas bebas yang merupakan salah satu variabel dalam perspektif Teori Kontinjensi telah meningkatkan daya penjelas dari konflik agensi dan dividen, sebagai variabel-variabel dalam perspektif Teori Kontinjensi, dalam menjelaskan variasi nilai perusahaan. Dividen memediasi secara parsial pengaruh interaksi kepemilikan hak kontrol oleh pemegang saham ultimat dan arus kas terhadap nilai perusahaan. Nilai perusahaan juga dipengaruhi oleh kepemilikan manajerial. Kata kunci: efek entrenchment, arus kas bebas, kepemilikan hak kontrol oleh pemegang saham ultimat, kepemilikan manajerial, ekspropriasi, dividen, konflik agensi tipe II

Item Type: Thesis (Doctor)
Identification Number: DIS/658.15/HAN/a/2015/061507398
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.1 Organization and financial management
Divisions: S2/S3 > Doktor Ilmu Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 17 Nov 2015 15:18
Last Modified: 17 Nov 2015 15:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/160595
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item