Rahayu, Sri (2015) Penganggaran Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) (Suatu Kajian Persektif New Institutional Sociology). Doctor thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah memahami proses penganggaran dana BOS dan proses institusionalisasinya. Penelitian ini menggunakan etnometodologi untuk memahami praktik keseharian para aktor. Proses institusionalisasi diungkap dan dipahami melalui perspektif new institutional sociolgy. Penelitian ini menemukan tiga pola yang dipraktikkan para aktor dalam penganggaran dana BOS di situs penelitian yaitu pola dominasi tunggal kepala sekolah, pola dominasi kelompok khusus di sekolah dan pola dominasi sekolah. Pola dominasi tunggal artinya kepala sekolah melaksanakan penganggaran dana BOS sendiri tanpa melibatkan pihak lain di sekolah. Pada pola dominasi kelompok khusus, kepala sekolah telah melibatkan beberapa orang di sekolah. Seluruh unsur internal sekolah terlibat aktif dalam penganggaran pada pola dominasi sekolah, walaupun orang tua dan pihak eksternal baru dilibatkan pada proses penyusunan anggaran saja. Selain kepala sekolah, operator sekolah juga menjadi aktor utama. Proses institusionalisasi penganggaran dana BOS terdiri dari tahap inovasi, difusi, legitimasi dan deinstitusionalisasi. Gejala isomorphism ditemukan dalam bentuk coercive, normative dan mimetic. Perilaku decoupling muncul sebagai bentuk respon sekolah dalam menyikapi perubahan institusi penganggaran. Sekolah menerapkan strategi compromise dan avoid. Aktor memaknai penganggaran dana BOS hanyalah sekedar seremonial administratif formal untuk stabilitas dan legitimasi kepentingan individu dan organisasi. Reinstitusionalisasi dasar penganggaran dana BOS seyogyanya dilakukan dengan menggunakan nilai-nilai yang humanis dan sesuai falsafah budaya bangsa Indonesia yaitu gotong royong. Peneliti mengajukan manajemen berbasis gotong royong (MBGR) sebagai dasar baru penganggaran dana BOS. Kata-Kata Kunci: Isomorphism, Coercive, Normative, Mimetic, Decoupling, Deinstitusionalisasi, Reinstitusionalisasi
Item Type: | Thesis (Doctor) |
---|---|
Identification Number: | DIS/371.22/RAH/p/2015/061600264 |
Subjects: | 300 Social sciences > 371 Schools and their activities; special education > 371.2 School administration; administration of student academic activities |
Divisions: | S2/S3 > Doktor Ilmu Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 25 Jan 2016 14:57 |
Last Modified: | 04 Dec 2024 03:28 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/160480 |
Text
Sri Rahayu.pdf Download (2MB) |
Actions (login required)
View Item |