Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Willingness To Pay Dan Affordability To Pay Pada Konsumen Rumah Tangga (Pdam Tirta Kepri - Tanjungpinang)

TMunzir (2014) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Willingness To Pay Dan Affordability To Pay Pada Konsumen Rumah Tangga (Pdam Tirta Kepri - Tanjungpinang). Doctor thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Air merupakan sumber kehidupan bagi manusia yang mempunyai fungsi sosial, ekonomis, dan lingkungan oleh sebab itu perlu dijaga kelestariannya. Selain itu, air menyangkut hajat hidup orang banyak, maka menjadi tugas bagi negara untuk menyediakannya untuk kebutuhan masyarakat, sebagaimana yang diamanatkan dalam UUD 1945 pasal 33 ayat 3. Selanjutnya dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2004 tentang Sumber Daya Air pasal 5 disebutkan bahwa negara menjamin hak setiap orang untuk mendapatkan air bagi kebutuhan pokok minimal sehari-hari guna memenuhi kehidupannya yang sehat, bersih dan produktif. Sebagai bentuk tanggungjawab negara mengenai pengelolaan air, maka pemerintah daerah kabupaten/kota membentuk Perusahaan Daerah Air Minum di wilayahnya masing-masing sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Perusahaan Daerah Air Minum dituntut harus selalu meningkatkan kinerjanya agar kualitas air yang diproduksi sesuai dengan harapan pelanggan. Pada kenyataannya di lapangan menunjukkan bahwa kepuasan pelanggan pada PDAM Tirta Kepri sebagai obyek penelitian ini belum tercapai, hal ini ditunjukkan dengan terdapatnya 3.000 dari 17.000 pelanggan golongan rumah tangga menunggak pembayaran tarif. Kondisi ini menimbulkan pertanyaan apa yang menyebabkan hal ini terjadi sementara sebagian masyarakat ternyata mampu membeli air milik swasta dengan harga 20 kali lebih tinggi dari tarif PDAM yang berlaku saat ini. Adanya tunggakan tarif PDAM ini tentu berkaitan erat dengan kemauan membayar (Willingness to pay) dan kemampuan membayar (Affordability to pay) konsumen golongan Rumah Tangga, sehingga perlu dilaksanakan penelitian tentang faktor-faktor yang mempengaruhinya. Oleh sebab itu, tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendiskripsikan : faktor-faktor yang mempengaruhi Willingness to pay dan Affordability to pay konsumen rumah tangga yang ditinjau dari faktor (1) kesejahteraan, (2) pendidikan, (3) K-3, (4) sosial-ekonomi, (5) kinerja, serta (6) tarif yang diberlakukan oleh PDAM kepada konsumen golongan rumah tangga. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang ditujukan kepada pelanggan rumah tangga sebanyak 200 responden sebagai sampel. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah Partial Least Square (PLS) menggunakan software SmartPLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa yang mempengaruhi Willingness to Pay secara langsung dan signifikan adalah faktor Kesejahteraan, K-3, Sosial-ekonomi, Kinerja, Tarif, dan Affordability to pay, sedangkan faktor Pendidikan ternyata tidak signifikan mempengaruhi Willingness to Pay secara langsung. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa faktor Kesejahteraan, Pendidikan, Sosial-Ekonomi dan Tarif berpengaruh signifikan terhadap Affordability to pay. Oleh sebab itu Manajemen perlu melakukan perbaikan pelayanan agar tarif dapat disesuaikan untuk mencapai Full Cost ecovery. Manajemen juga perlu menekan angka kehilangan air baik yang disebabkan illegal connection maupun kebocoran pipa serta pembacaan watermeter yang tidak akurat. Kata-kata kunci; - Willingness to pay,-Affordability to pay,- Water Price/ Recovery Cost..

Item Type: Thesis (Doctor)
Identification Number: DIS/363.61/MUN/a/2014/061508063
Subjects: 300 Social sciences > 363 Other social problems and services > 363.6 Public utilities and related services
Divisions: S2/S3 > Doktor Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 05 Jan 2016 14:49
Last Modified: 05 Jan 2016 14:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/160479
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item