Pengaruh Kepribadian dan Keyakinan diri terhadap Kemampuan dan Kinerja anggota Dewan Periode 2009 2014 (Studi Pada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah DKI Jakarta)

Alaydrus, Achmad (2015) Pengaruh Kepribadian dan Keyakinan diri terhadap Kemampuan dan Kinerja anggota Dewan Periode 2009 2014 (Studi Pada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah DKI Jakarta). Doctor thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kinerja anggota Dewan selalu mendapatkan sorotan dari masyarakat terkait dengan fungsi legislasi, anggaran dan pengawasan yang dinilai oleh masyarakat masih belum baik. Faktor kinerja yang kurang baik terkait dengan tidak konsistennya kepribadian dan keyakinan diri serta kemampuan anggota Dewan dalam meningkatkan kinerja anggota Dewan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur dan menjelaskan pengaruh kepribadian, keyakinan diri, dan kemampuan terhadap kinerja anggota Dewan DKI Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur (Path Analysis). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument penelitian yang dibagikan kepada responden dengan sampel 94 anggota Dewan di DPRD Jakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tinggi rendahnya kemampuan anggota dewan ternyata terkait dengan kepribadian dan keyakinan diri, sedangkan baik dan buruknya kinerja anggota Dewan tidak terkait dengan kepribadian dan keyakinan diri. Peranan kemampuan dalam penelitian ini menjadi penting bagi kepribadian dan keyakinan diri dalam meningkatkan kinerja anggota dewan karena kemampuan yang dicerminkan oleh ketepatan dalam pengambilan keputusan ternyata terkait dengan kinerja anggota dewan. Untuk itu, disarankan kestabilan emosi dalam kepribadian, tingkat kekuatan mental dalam keyakinan diri, keterampilan dalam kemampuan pengelolaan anggaran oleh anggota Dewan perlu mendapat perhatian khusus guna peningkatan kinerja anggota Dewan yang lebih baik. Kata Kunci : Kepribadian, keyakinan diri, kemampuan, kinerja anggota dewan.

Item Type: Thesis (Doctor)
Identification Number: DIS/158.7/ALA/p/2015/061505556
Subjects: 100 Philosophy, parapsychology and occultism, psychology > 158 Applied psychology > 158.7 Industrial psychology
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 05 Oct 2015 14:44
Last Modified: 05 Oct 2015 14:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/160365
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item