Figth for the Spirit Game Bergenre RPG dengan Menggunakan Fuzzy-SWOT Berbasis Web

Brata, DwijaWisnu (2014) Figth for the Spirit Game Bergenre RPG dengan Menggunakan Fuzzy-SWOT Berbasis Web. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Game yang interaktif merupakan game yang memiliki komunikasi yang kuat dengan pemain sehingga pemain sangat antusias dan menikmati dalam memainkannya. Hal tersebut didukung dengan kemampuan interaksi karakter yang baik dengan adanya kecerdasan dalam pergerakan dan perilaku. Perkembangan tersebut menarik penulis untuk mengembangkan game RPG yang pernah dibuat. Game Mission “ Fight For Spirit ” masih memiliki kekurangan akan interaktifitas karakter musuh untuk membaca kondisi sekitar. Permasalahan yang lain adalah keputusan tindakan yang diambil oleh karakter musuh masih belum tertangani dengan baik, sehingga karakter musuh dalam mengontrol perilaku masih bergantian dengan pemain ( user ). Pada penelitian game ini mengembangkan analisis SWOT untuk menganalisis strategi musuh, dan Fuzzy sebagai penjawab hasil keputusan sebuah tindakan. Karakter musuh dalam game ini ada 4 jenis yaitu undead , archer , magician , dan boss . Pada karakter tersebut dan karakter pemain memiliki strength (str), defense (def), lucky (luc), intelligent (int), life , dan mana . Status yang dimiliki oleh musuh dan pemain akan dianalisis dan dihitung oleh Fuzzy -SWOT. Analisis yang dilakukan melalui internal dan eksternal karakter musuh, sehingga nanti didapatkan SWOT skor yang nilai terletak diantara -1 s/d 1. Hasil penelitian yang dilakukan terhadap algoritma Fuzzy yang digunakan menghasilkan 86,8% musuh bergerak secara dinamis, 86% undead akan senantiasa menyerang, 87,9% magician akan mengambil jarak ketika akan menyerang, 86,9% archer akan mengambil jarak ketika akan menyerang, dan 91% boss akan cenderung menyerang. Pada pengujian Fuzzy -SWOT, pengujian yang dilakukan pada karakter undead mendapat persentase 77,8% untuk perilaku menyerang, 80,5% magician akan mundur karena merasa terancam, 75,4% archer akan mengambil jarak untuk menyerang pemain, dan boss akan tetap menyerang walau nyawa sudah berkurang hingga merah memiliki persentase 74,4%.

English Abstract

An interactive game is a game that has a strong communication with players so that players are very enthusiastic and enjoy to play. This is supported by ability of good character`s interaction with intelligence in movement and behavior. This development has attracted author to develop an RPG game ever made. Game Mission "Fight For Spirit" still has a shortage of interactivity enemy character to read condition around. Ano r problem is decision of action taken by enemy character that is still not handled properly, so that enemy character of behavioral control still turns with players (users). In this game research develop a SWOT analysis as a strategy to analyze enemy, and answer Fuzzy as a result of an action decision. re are four types of enemy character in this game; undead, archer, magician, and a boss. On character and player character have a strength (str), defense (def), lucky (luc), intelligent (int), life, and mana. Status is held by enemy and player will be analyzed and calculated by Fuzzy-SWOT. analysis conducted by internal and external character of enemy, so that later obtained SWOT score value lies between -1 to 1. results of study using fuzzy algorithm produced 86.8% dynamically moving enemies, 86% undead will always attack, 87.9% magician will take distance when it will strike, 86.9% archers will take distance when it will strike, and 91% would be likely to attack boss. In Fuzzy-SWOT test, test performed on undead character got a 77.8% for attack behavior, 80.5% Magician will resign because y feel threatened, 75.4% archer would take distance to attack player, and will keep attacking boss though ir lives have reduced to red level with a percentage of 74.4%.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/793.930 285/BRA/f/041408171
Subjects: 700 The Arts > 793 Indoor games and amusements > 793.9 Other indoor diversions
Divisions: S2/S3 > Magister Teknik Elektro, Fakultas Teknik
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 12 Jan 2015 15:23
Last Modified: 12 Jan 2015 15:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/160311
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item