Analisis Pencarian Lokasi Parkir Terbaik Dengan Menggunakan Algoritma Best Fit Dan Logika Fuzzy Berbasis Radio Frequency Identification (RFID)

Nurhasan, Usman (2014) Analisis Pencarian Lokasi Parkir Terbaik Dengan Menggunakan Algoritma Best Fit Dan Logika Fuzzy Berbasis Radio Frequency Identification (RFID). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada sebuah sistem parkir, lokasi parkir dan kendaraan yang diparkir merupakan aspek penting terciptanya sebuah manajemen parkir yang baik. Pendataan kendaraan yang masuk, pemilihan lokasi tujuan, ukuran kendaraan dan juga pemilihan slot parkir yang jelas seyogyanya mendapat perhatian yang serius. Kuota kendaraan yang masuk menuju sebuah area parkir bersifat fluktuatif setiap waktunya, sehingga diperlukan sebuah manajemen yang baik dalam pengelolaannya. Apabila tidak, maka yang terjadi adalah adanya penumpukan kendaraan di dalam area parkir sehingga mengganggu proses transaksi parkir itu sendiri. Penempatan lokasi merupakan rangkaian tahapan proses yang harus dilalui oleh setiap kendaraan, diantaranya harus ditentukan tujuan awal, proses pemilihan lokasi dan juga pendataannya, serta harus memenuhi beberapa persyaratan serta ketentuan lain yang telah ditentukan oleh sistem. Proses ini harus diselesaikan secara cepat dan tepat, jika tidak maka proses parkir kendaraan tersebut akan mengganggu proses parkir kendaraan yang lain, atau dalam kata lain terjadinya penumpukan. Penelitian ini difokuskan untuk memilih dan merekomendasi lokasi parkir kemudian mengklasifikasi ke dalam area parkir yang berskala “dekat”, “sedang”, dan “jauh” dar area tujuan parkir. Input dari sistem ini adalah jarak antar titik (node) area, kapasitas masing masing area dan juga ukuran kendaraan yang akan diparkir. Proses regristasi kendaraan menggunakan media Radio Frequency Identification (RFID) dan bersifat realtime, sehingga memudahkan pengelola untuk memanajemen data parkir. Lokasi parkir yang digunakan sebagai sampel adalah lokasi kampus Universitas Brawijaya Malang. Data yang di peroleh dari peta lokasi adalah jarak antar gedung yang kemudian dicari jarak sebenarnya dan menjadi salah satu parameter yang dianalisa oleh Logika Fuzzy. Output dari Fuzzy ini adalah bobot area yang direkomendasikan, dengan aturan (rule) proses yang digunakan adalah Fuzzy Sugeno. Dari titik yang telah direkomendasikan tadi, didapat status slot di dalamnya. Yang kemudian direkomendasikan slot parkir menggunakan Algoritma Best Fit. Lokasi parkir terbaik yang diharapkan adalah ditentukannya area parkir terdekat dengan area tujuan dan slot yang sesuai dengan ukuran kendaraan yang diparkir.Hasil dari pengujian secara perhitungan manual maupun otomatis menggunakan aplikasi, bahwa faktor yang paling berpengaruh dalam penentuan lokasi parkir adalah jarak node area yang ada disekitar area tujuan. Penggunaan kolaborasi Algoritma Fuzzy dan Best Fit dirasa cukup efisien, mengingat keduanya berperan penting sesuai parameter yang diolah. Diharapkan adanya pengembangan-pengembangan lebih lanjut dari penelitian ini, diantaranya penambahan parameter lain yang berkaitan dengan kasus parkir. Parameterparameter yang bisa ditambahkan antara lain adalah waktu parkir, skala prioritas dan juga sistem yang berbasis client-server.

English Abstract

On a parking system, parking location and vehicle that parked is an urgent aspect to create a good parking management. Data collection of vehicle parked, choosing location aimed, vehicle`s size and a clear parking slot chosen should give serious attention. Vehicles` quotas that come into parking are fluctuating, and a good management is required. If it is not, re will be accumulation of vehicle in parking are and off course, it will interrupt parking transaction. Location placement is a series of process that should be passed by any vehicle. re should be determined first purpose, location choosing process and data collection, and should fulfill some condition also o r provision that determined by system. This process should be completed quickly and properly, so that re will be no accumulation. This research focused on choosing and recommending parking location and n clarifying it into parking area that scaled into “near”, “medium” and “far” from parking area aimed. input of this system is distance between node area, capacity of each area and size of parked vehicle. Registration process of vehicle using Radio Frequency Identification (RFID) and real time in characteristic, so that simplify arrangement of parking management data. Parking location that used as sample is Brawijaya University of Malang. data gained on location map are distance between building that later looked for real distance and become one of parameter that analyzed by Fuzzy Logic. output of this Fuzzy is area weight that recommended, with process rule used is Fuzzy Sugeno. From point recommended, gained slot status in it, which later recommended as parking slot using Best Fit Algorithm. best parking location expected is determination of closer parking area toward purposed area and appropriate slot toward parked vehicle. result of manual or automatic calculation test using application, that most influencing factor in determining parking location is are node distance around purposed area. Utilization of Fuzzy Algorithm and Best Fit is quiet efficient, reminding that both of m is having important role according to parameter treated. Fur r development is expected from this research, whe r from addition of ano r parameter that related to parking case. Parameters that could be added are parking time, priority scale and client-server basis system.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/711.73/n/ANA/041401283
Subjects: 700 The Arts > 711 Area planning (civic art) > 711.7 Transportation facilities
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 11 Apr 2014 13:19
Last Modified: 11 Apr 2014 13:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/160278
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item