Analisis Tingkat Resiko pada Proyek Konstruksi di Daerah Perbatasan Provinsi Kalimantan Timur

Haris, Syafrizal (2012) Analisis Tingkat Resiko pada Proyek Konstruksi di Daerah Perbatasan Provinsi Kalimantan Timur. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Di dalam aktifitas sehari-hari terdapat kemungkinan terjadinya berbagai macam resiko, demikian pula halnya di dalam dunia konstruksi. Keberhasilan proyek konstruksi dapat dilihat dari ketepatan biaya, waktu dan mutu, Dalam upaya mengendalikan potensi risiko tersebut perlu dilakukan identifikasi risiko secara komprehensif, untuk selanjutnya dikendalikan, sehingga dapat menurunkan peluang dan konsekuensi risiko yang akan terjadi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari tingkat resiko dan sebaran resiko yang terjadi dan yang diharapkan pada proyek konstruksi didaerah perbatasan Provinsi Kalimantan Timur menurut pandangan pemilik dan kontraktor serta perbandingannya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan kuesioner dan selanjut dianalisis dengan mengunakan program statistik SPSS. Hasil penelitian ini Menurut pandangan pemilik dan kontraktor resiko yang terpenting adalah resiko “Curah Hujan yang Tinggi” dan “ Contract Change Order ”. Resiko-resiko yang penting lainnya menurut pandangan pemilik dan kontraktor terdapat perbedaan pandangan, pemilik lebih mengkhawatirkan resiko yang berhubungan dengan produk akhir, kinerja dan kemampuan kontraktor serta akses kelokasi proyek, kurangnya kecakapan dalam menangani proyek bisa diakibatkan karena kurang kompetennya kontraktor dalam melaksanakan pekerjaan , sedangkan hasil Analisis mengenai sebaran resiko yang terjadi “Kesalahan disain dari konsultan perencanaan”, kontraktor berpandangan resiko tersebut disebarkan kepada pemilik sementara itu pemilik berpandangan sebaran resikonya Sharing. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah resiko terpenting adalah resiko Curah Hujan yang Tinggi dan resiko Contract Change Order , sedangkan untuk sebaran resiko yang terjadi dan yang diharapkan secara umum tidak terjadi perbedaan. Dengan diketahuinya tingkat resiko Curah hujan yang tinggi maka resiko tersebut harus diantisipasi jauh hari, dengan cara memanfaatkan waktu cuaca panas untuk melaksanakan pekerjaan dan Contract Change Order juga harus diminimalisir dampaknya dengan cara mengetahui secara pasti kondisi pekerjaan dan juga untuk mengurangi dampak sehingga pada saat pelaksanaan tidak terdapat perbedaan. Saran penelitian ini adalah diharapkan partisan proyek Lebih cermat di dalam menentukan resiko penting yang akan dianalisa sebelum proyek dimulai dan khususnya bagi pemilik proyek, Contract Change Order yang melebihi kewajaran harus dipertimbangkan untuk dinegoisasi ulang, terutama menyangkut harga satuan pekerjaan. Pihak kontraktor juga harus lebih teliti dalam melakukan penawaran harga kontrak. Kontrak kerja juga perlu diteliti dengan seksama sebelum disetujui. Tindakan untuk mengurangi dampak resiko yang timbul bisa dilakukan dengan pendidikan dan pelatihan bagi para tenaga kerja dalam menghadapi resiko dan juga perlindungan terhadap tenaga atau barang melalui asuransi.

English Abstract

In everyday activities re is possibility of a wide range of risks, as well as in construction world. success of construction projects can be seen from accuracy of cost, time and quality, in an effort to control potential risks needs to be done in a comprehensive risk identification, for fur r controlled, so as to reduce chances and consequences of risk that will happen. purpose of this study was to find level of risk and spread risk and are expected to occur on construction projects in border area of East Kalimantan Province in eyes of owners and contractors as well as comparison. Techniques of data collection is done by way of interviews and questionnaires and are n analyzed using SPSS statistical program. results of this study view of owners and contractors of most important risk is risk of " High Rainfall" and "Contract Change Order". Important risks that o rs in view of owner and contractor re is a difference of views, owners are more concerned about risks associated with final product, performance and capabilities of contractors as well as access to localized projects, lack of proficiency in handling a project can result from lack of competent contractors in carrying out work, while Analysis of results of risk distribution that occurred "error design of planning consultants", contractor believes risk is distributed to owner while owner holds distribution of risk sharing. Conclusions obtained from this study is most important risk is risk of a High Rainfall and risk of Contract Change Order, while for distribution of risk occurring and expected differences in general not case. By knowing risk level of high rainfall, risk must be anticipated in advance, by utilizing hot wea r to carry out work and Contract Change Order should also be minimized its impact by way of knowing for certain conditions of employment and also to reduce impact that current implementation does not re is a difference. Proposed research is expected partisan project more closely in importance in determining risk to be analyzed before project begins and especially for owners of project, Contract Change Orders in excess of reasonableness must be considered for re-negotiated, especially unit price of job. contractor also must be more careful in contract price bid. Contract work also needs to be examined closely before being approved. Action to reduce impact of risks that arise can be done with education and training for workers in face of risk and also protection of labor or goods through insurance.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/690/HAR/a/041204166
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 690 Construction of buildings
Divisions: S2/S3 > Magister Teknik Elektro, Fakultas Teknik
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 21 May 2013 11:32
Last Modified: 21 May 2013 11:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/160255
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item