Perbaikan Iayut Mesin Produksi Longsong Mumsi Menggunakan Metode Systematic Layow Pianning Dan Blocpiatr(Studi Kasus : Divisi Munisi - Pt. Pindad @Ersero) - Malang)

Kustriyanto, Eddy (2016) Perbaikan Iayut Mesin Produksi Longsong Mumsi Menggunakan Metode Systematic Layow Pianning Dan Blocpiatr(Studi Kasus : Divisi Munisi - Pt. Pindad @Ersero) - Malang). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Layout mesin eksisting telah diterapkan sejak tahun 2005 sehingga operator mesin paham dan dapat merasakan beberapa kekurangan yang ada pada layout mesin yailg ada. Adapaun kekurangan yang dirasakan operator antara lain panas dan pengap yang diakibatkan oleh mesin cleoning karena tidak berada dalam satu kelompok dengan mesin lain yang sejenis. Demikian juga dengan mesin annealing yang penempatannya tidak jadi satu kelompok dengan mesin annealing lainnya sehingga mengakibatkan panas dan pengap. Masalah lain yang muncul adalatr terjadi bacl*racking dari aliran produk dalam proses. Kajian perbaikan layout mesin produksi longsong munisi dalam riset ini menggunakan metode Systematic Layout Planning dan Blacplan dengan pertimbangan kuantitatif dan kualitatif. Pertimbangan kualitatif adalatr kenyamanan dan kesehatan ke.ja sementara pertimbangan kuantitatif berupa jarak yang berjauhan antara proses satu dengan proses berikutnya dan backtracking dari aliran produk antar warkstation. Penilaian kualitatif cenderung berdasarkan pertimbangan-pertimbangan yang bersifat subyektif dari masing-masing fasilitas atau departemen. Blocplan merupakan metode yang sederhana dan praktis untuk digunakan dalam penyelesaian masalah im. Blocplan mengubah tata letak dengan mencari total jarak tempuh minimal yang dilalui dalarn perpindahan material antar workstation. Penerapan metode Systematic Layout Planning dan Blocplan untuk perbaikan layout dan memperpendek waktu produksi di bengkel produksi diharapkan akan menghasilkan penurunan jarak perpindahan produk sebesar 26,77 meter atau 13,5 o/o daijarak tempuh awal 198,36 meter menjadi 171,59 meter. Perubalran tata letak mesin untuk lebih berkelompok dalam jenis proses dan mesinnya diharapkan juga akan menghasilkan peningkatan kesehatan dan keselamatan kerja.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/683.406/KUS/p/2016/041611218
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 683 Hardware and household appliances > 683.4 Small firearms
Divisions: S2/S3 > Magister Teknik Elektro, Fakultas Teknik
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 31 Mar 2017 08:43
Last Modified: 31 Mar 2017 08:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/160242
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item