Pengaruh Utilitas Linen terhadap Tingkat Kerusakan serta Hubungan Persepsi dan Kepuasan Pasien pada Mutu Linen Rawat Inap (Studi di Rumah Sakit X Surabaya)

Yusuf, TheodoraPerdanawati (2013) Pengaruh Utilitas Linen terhadap Tingkat Kerusakan serta Hubungan Persepsi dan Kepuasan Pasien pada Mutu Linen Rawat Inap (Studi di Rumah Sakit X Surabaya). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pelayanan linen yang kurang memuaskan seperti linen yang tidak memenuhi standar kebersihan, linen yang tidak layak pakai lagi atau rusak namun tetap digunakan akan mempengaruhi mutu pelayanan rumah sakit dan kepuasan pasien. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Average Length Of Stay (ALOS), Bed Occupancy Rate (BOR), jumlah tempat tidur (TT), waktu penggantian linen terhadap tingkat kerusakan linen dan hubungan antara persepsi pasien mengenai mutu linen dengan kepuasan pasien. Penelitian ini merupakan penelitian cross sectional dengan unit analisis pada ruang rawat inap kecuali ruang intensive care dan ruang operasi. Data ALOS, BOR, jumlah TT menggunakan data sekunder dari rekam medis selama tahun 2012. Waktu penggantian linen, persepsi pasien terhadap mutu linen dan kepuasan pasien diukur dengan menggunakan kuesioner pada 110 pasien di 12 ruang rawat inap pada bulan Maret-Mei 2013. Data faktor linen dan manajemen linen didapatkan dari hasil wawancara yang dilakukan oleh peneliti terhadap manajer penunjang umum, kepala unit pengadaan dan kepala bagian linen dan laundry dan dideskripsikan dalam bentuk narasi. Pengaruh ALOS, BOR, jumlah TT, lama penggantian linen terhadap tingkat kerusakan linen di ranap RS X Surabaya dianalisis dengan menggunakan uji regresi logistik. Hubungan persepsi mutu linen dengan kepuasan pasien dianalisis dengan menggunakan uji korelasi Pearson. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada pengaruh antara BOR (β = 0,997), ALOS (β = 0,996), jumlah TT (β = 0,997) dan waktu penggantian linen (β = 0,997) di rawat inap terhadap tingkat kerusakan linen (p= 1,000) meskipun secara deskriptif tingkat kerusakan yang tinggi ditemukan pada ruang dengan waktu penggantian linen setiap hari yang dimungkinkan karena jenis bahan kain linen. Ada hubungan yang kuat antara persepsi pasien mengenai mutu linen (r=0,939) dengan kepuasan pasien terhadap pelayanan linen (p=0,000). Pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa rumah sakit menjaga mutu linen dan kepuasan pasien dengan tingkat kerusakan linen yang tinggi.

English Abstract

Unsatisfying linen service, such as low hygiene linen standard or damaged linen, will affect hospital service quality and patients` satisfaction. This research aimed to investigate effects of Average Length Of Stay (ALOS), Bed Occupancy Rate (BOR), bed quantity, and linen replacement time to linen damaged level and correlation between patient`s perception about linen quality and patients` satisfaction. A cross sectional study has done with unit analysis inpatient wards excluding intensive and operation atre. Data of ALOS, BOR, bed quantity were retrieved from medical records in 2012. linen replacement time, patients` perception to linen quality and patients` satisfaction were measured using structured questionnaire of 110 patients in 12 inpatient wards in March to May 2013. Data of linen`s factor and linen management obtained from interviews conduted by researcher with general manager, head of procurement, and head of linen and laundry. Interviews` result was described in naration. logistic regression test was used to measure effects of ALOS, BOR, bed quantity and linen replacement time to linen damaged level. While Pearson correlation test was used for patients` perception about linen quality and patients` satisfaction level. results identify no significant effects of ALOS (β = 0,996), BOR (β = 0,997), bed quantity (β = 0,997) and linen replacement time (β = 0,997) to linen damaged level (p= 1,000), even descriptively higher level of linen damage found in room with a shorter replacement time that might due to type of linen fabric. re was a strong correlation between patients` perception about linen quality and patients` satisfaction level to linen service (r = 0,939; p= 0,000). This study concluded that hospitals maintain linen quality and patients` satisfaction with high linen damaged level.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/677.11/YUS/p/041308723
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 677 Textiles > 677.1 Textiles of bast fibers
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen Rumah Sakit, Fakultas Kedokteran
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 11 Apr 2014 12:56
Last Modified: 11 Apr 2014 12:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/160237
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item