Pengaruh Variasi Putaran dan Upset Time terhadap Kekuatan Tarik dan Dimensi Flash Las Gesek Paduan Al-Mg-Si 6061

Gandadinata, Steven (2012) Pengaruh Variasi Putaran dan Upset Time terhadap Kekuatan Tarik dan Dimensi Flash Las Gesek Paduan Al-Mg-Si 6061. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Aluminium dan paduannya merupakan logam dengan kombinasi menarik untuk digunakan dalam berbagai aplikasi, seperti rear axle . Namun tantangannya adalah mengelas aluminium karena sifatnya yang mudah menghantarkan panas. Aluminium memiliki weldability yang rendah berkaitan dengan las fusi. Las gesek dikembangkan untuk menjawab kebutuhan ini, dengan gesekan kedua material yang menimbulkan panas sehingga terjadi proses penyambungan logam tanpa pencairan ( solid state process ). Metode yang digunakan adalah continuous drive friction welding . Penelitian dilakukan dengan me mvari asikan putaran benda kerja yaitu 800, 1200 dan 1600 rpm dengan variasi upset time 60, 90, 120, 150 dan 180 detik . Parameter yang dikontrol friction time sebesar 2 menit, gaya tekan lasan 123 kgf, gaya tekan akhir 157 kgf, dan sudut chamfer 30 ⁰ . Selanjutnya diadakan pengujian kekuatan tarik dan pemotretan makrostruktur. Sebagai hasilnya diperoleh grafik pengaruh variasi putaran dan upset time. Untuk mempertajam analisis maka ditambahkan pemotretan mikrostruktur. Dari hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa kekuatan tarik pada sambungan las gesek mengalami perubahan seiring dengan penambahan putaran maupun upset time . Sedangkan dimensi flash terus bertambah seiring bertambahnya putaran dan upset time. K ekuatan tarik rata-rata maksimal untuk semua variasi bera d a pada putaran 800 rpm dan upset time 150 detik sebesar 94,57 M P a . Dari hasil foto makrostruktur, luasan flash terbesar ada pada putaran 1600 rpm dan upset time 180 detik sebesar 94,877 mm 2 . Kekuatan tarik rata-rata dan luasan flash dengan tren terbaik pada putaran 1120 rpm dan upset time 60 detik masing-masing sebesar 93,44 Mpa dan 34,604 mm 2 .

English Abstract

Aluminum and aluminum alloys are metals with unique combinations for many applications, such as rear axle. problem is how to weld alluminium because of its good rmal conductivity behaviour. Friction welding was developed to fulfil this need, both material are fiddling to generate heat until it weld toge r without melting (solid state process). Method used in this study is continuous drive friction welding. It was held by varying rotation of workpiece 800, 1120 and 1600 rpm with upset time variations of 60, 90, 120, 150 and 180 seconds. controlled parameters were friction time 2 minutes, friction force 123 kgf, upset force 157 kgf, and beveled angle 30 ⁰ . Testings used in this research are tensile strength testing and macrostructure analysis. As result, charts show influence of rotation and upset time variations. For supporting data, microstructure analysis is being done as well. From results, study indicates that tensile strength of friction welded joints have changed with addition of upset time and rotation. dimensions of flash continues to grow as we get rotation and upset time higher. n we obtained maximum average tensile strength for all variation is at 800 rpm and upset time 150 seconds with value 94.57 MPa. From macrostructure photos, largest area of flash was obtained by rotation 1600 rpm and upset time of 180 seconds with value 94.877 mm 2 . Average tensile strength and area of flash with best trend are achieved in rotation 1120 rpm and upset time of 60 seconds with value 93.44 MPa and 34.604 mm 2 .

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/671.52/GAN/p/041204095
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 671 Metalworking Processes and primary metal products > 671.5 Joining and cutting of metals
Divisions: S2/S3 > Magister Teknik Elektro, Fakultas Teknik
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 05 Dec 2013 10:10
Last Modified: 05 Dec 2013 10:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/160215
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item