Pengaruh Prosentase Etanol Terhadap Torsi Dan Emisi Motor Indirect Injection Dengan Memodifikasi Engine Control Module

Rahmad, Hadi (2016) Pengaruh Prosentase Etanol Terhadap Torsi Dan Emisi Motor Indirect Injection Dengan Memodifikasi Engine Control Module. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Etanol merupakan bahan bakar yang seringkali digunakan sebagai bahan tambah pada kendaraan bermotor. Untuk mengetahui pengaruh etanol terhadap torsi dan emisi gas buang seringkali peneliti menggunakan kendaraan standart untuk bahan bakar bensin sehingga data yang didapatkan kurang akurat karena tidak menggunakan sistem pembakaran terbaru (injeksi) dan atau tidak dijaga dalam kondisi bahan bakar yang stoikiometri. Pada penelitian ini dilakukan penambahan etanol pada motor yang dimodifikasi Engine Controle Module nya. Sehingga dengan modifikasi ini akan dihasilkan pencampuran bahan bakar yang lebih homogen karena telah menggunakan sistem injeksi dan lebih mampu menjaga kondisi campuran bahan bakar pada kondisi stoikiometri. Penambahan prosentase etanol yang dilakukan adalah 10%, 20%, 30%, 40%, 50%, 60%, 70%, 80%, 90%, 100%. Penelitian dilakukan pada beberapa tingkat putaran motor yaitu: 1500 rpm, 2000 rpm, 2500 rpm, 3000 rpm, 3500 rpm, 4000 rpm, 4500 rpm, 5000 rpm. Hasil penelitian menunjukkan adanya penurunan torsi pada penambahan etanol sampai 61% pada putaran 5000 rpm dan penambahan etanol 90%. Penambahan etanol juga menurunkan kadar CO dan HC masing-masing sampai 56,6% dan 79,6%. Seiring dengan penambahan etanol kadar CO2 yang dihasilkan juga meningkat sampai 34,6%.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/6662.669 2/RAH/p/2016/041606003
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 666 Ceramic and allied technologies
Divisions: S2/S3 > Magister Teknik Elektro, Fakultas Teknik
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 01 Aug 2016 13:52
Last Modified: 01 Aug 2016 13:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/160186
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item