Pengaruh Temperatur Terhadap Entalpi Dan Kinetik Rate Gas Pirolisis Kayu Mahoni

Suwandono, Purbo (2015) Pengaruh Temperatur Terhadap Entalpi Dan Kinetik Rate Gas Pirolisis Kayu Mahoni. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kayu mahoni merupakan salah satu jenis kayu khas daerah tropis. Kayu ini berasal dan hanya ada di daerah-daerah yang memiliki iklim tropis. Limbah dari produksi meubel yang menggunakan kayu mahoni belum dapat dimanfaatkan dengan maksimal sehingga perlu dilakukan proses tertentu supaya limbah kayu mahoni memiliki nilai guna yang lebih, salah satunya adalah dengan pirolisis. Pirolisis adalah proses termokimia ( rmochemical) dekomposisi kimia bahan organik melalui proses pemanasan tanpa melibatkan oksigen. Selama proses pirolisis molekul biomassa hidrokarbon yang komplek dipecah menjadi molekul yang relative lebih kecil dan simple. Komposisi kimia bahan tersebut berubah ketika dilakukan pemanasan dalam keadaan tanpa oksigen. Produk yang dihasilkan dari proses pirolisis berupa char, tar (minyak), dan gas permanen yang meliputi metana, hidrogen, nitrogen dan karbon dioksida. Salah satu produk pirolisis, yaitu gas hasil pirolisis ini, merupakan salah satu hal yang menarik untuk dikaji. Untuk mengetahui seberapa besar energi yang mampu dibangkitkan oleh gas hasil pirolisis ini maka perlu dihitung berapa besar entalpi yang terkandung dalam gas tersebut. Selain untuk mengetahui seberapa besar energi yang terkandung dalam gas tersebut juga penting untuk diketahui seberapa besar laju reaksi pembentukan gas, yang dapat dihitung dengan persamaan arrhenius. Penelitian ini menggunakan metode penelitian nyata. Sebelum dilakukan proses pirolisis, biomassa dikeringkan hingga kadar air kurang dari 2 %. Biomassa dimasukkan ke dalam piroliser dan dilakukan proses pemanasan tanpa adanya oksigen selama 2 jam. Setiap variasi temperatur dilakukan pengambilan data berupa flow rate dari gas mulai awal pirolisis sampai 2 jam. Setiap 20 menit dilakukan pengambilan sampel gas yang akan diuji pada gas chromatograph untuk didapatkan komposisi gas. Dengan menggunakan data yang ada dilakukan proses penghitungan kinetik rate dan entalpi gas. Dari hasil penelitian yang sudah dilakukan dapat diketahui bahwa semakin besar flow rate dan temperatur, maka energi atau entalpi yang terkandung didalam gas pirolisis juga semakin besar. Komposisi gas juga ikut mempengaruhi hasil dari energi yang terkandung di dalamnya. Kinetik rate dari gas juga semakin meningkat seiring dengan penambahan flow rate yang terjadi dikarenakan kenaikan temperatur pirolisis.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/660.296/SUW/p/2015/041601574
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 660 Chemical engineering and related technologies > 660.2 General topics in chemical engineering
Divisions: S2/S3 > Magister Teknik Elektro, Fakultas Teknik
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 03 Aug 2016 10:51
Last Modified: 30 Aug 2023 02:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/160090
[thumbnail of TESIS PENGARUH TEMPERATUR TERHADAP ENTALPI DAN KINETIK RATE GAS PIROLISIS KAYU MAHONI.pdf] Text
TESIS PENGARUH TEMPERATUR TERHADAP ENTALPI DAN KINETIK RATE GAS PIROLISIS KAYU MAHONI.pdf

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item