Implementasi Kebijakan Penataan Reklame di Kota Malang (Studi terhadap Peraturan Daerah Kota Malang Nomor 4 Tahun 2006 Tentang Penyelenggaraan Reklame)

Habibi, Muhammad Mujtaba (2014) Implementasi Kebijakan Penataan Reklame di Kota Malang (Studi terhadap Peraturan Daerah Kota Malang Nomor 4 Tahun 2006 Tentang Penyelenggaraan Reklame). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah maraknya iklan produk dalam bentuk reklame yang menunjukkan baiknya perkembangan ekonomi suatu wilayah sekaligus sebagai Pendapatan Asli Daerah, namun yang menjadi masalah adalah pemasangan reklame tersebut sudahkah melalui mekanisme perizinan karena sering terjadi pemasangan yang asal-asalan. Sehingga berdasarkan hal tersebut diperlukan instansi yang bertanggung jawab memberikan izin pemasangan reklame, serta mengawasi dan melakukan penertiban reklame dalam hal ini adalah Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Kota Malang, Dinas Pendapatan Daerah Kota Malang dan Satuan Polisi Pamong Praja Kota Malang. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah implementasi kebijakan penataan reklame di Kota Malang berdasarkan Peraturan Daerah Kota Malang Nomor 4 Tahun 2006 Tentang Penyelenggaraan Reklame; Bagaimanakah faktor pendorong dan penghambat pelaksanaan kebijakan penataan reklame di Kota Malang. Tujuan Penelitian ini: Mendeskripsikan dan menanalisis implementasi kebijakan penataan reklame di Kota Malang berdasarkan Peraturan Daerah Kota Malang No 4 Tahun 2006 Tentang Penyelenggaraan Reklame; Mendeskripsikan dan menganalisis faktor pendorong dan penghambat pelaksanaan kebijakan penataan reklame di Kota Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisa data menggunakan model interaktif Milles dan Huberman. Hasil temuan dilapangan menunjukkan bahwa implementasi kebijakan penataan reklame meliputi perijinan pemasangan reklame, pengawasan dan penertiban reklame. Instansi yang bertanggung jawab terhadap perijinan pemasangan reklame di Kota Malang adalah Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Kota Malang, instansi yang bertanggung jawab terhadap penerimaan pajak reklame di Kota Malang adalah Dinas Pendapatan Daerah Kota Malang, sedangkan instansi yang bertanggung jawab terhadap pengawasan dan penertiban reklame di Kota Malang adalah Satuan Polisi Pamong Praja Kota Malang. Penertiban pelanggaran reklame oleh Satpol PP Kota Malang dilakukan dengan memberikan teguran sampai pada pembongkaran reklame. Terdapat faktor pendorong dan penghambat pelaksanaan kebijakan penataan reklame di Kota Malang. a) Faktor pendorong: 1). Adanya komitmen yang tinggi dari petugas BP2T Kota Malang. 2) Adanya standar operasional prosedur berupa sistem kerja yang terstruktur. 3) Adanya data dan informasi mengenai pelanggaran reklame. 4) Ketersediaan anggaran operasional. b) Faktor penghambat: 1) Kurangnya kesadaran penyelenggara reklame untuk mengurus perizinan pemasangan reklamenya. 2) Kurangnya jumlah petugas Satpol PP Kota Malang. 3) Kurangnya peralatan penunjang bagi Satpol PP Kota Malang.

English Abstract

background of this research is rampant in form of billboards advertising products that show good economic development of region as well as original income, but problem is structuring of advertisement licensing mechanism is already over or not given often re is a tendency installation of billboards careless. So based on this require agencies that is responsible for giving permission installation of advertisement, as well as overseeing and regulating advertisement in this case is Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Malang city, Dinas Pendapatan Daerah Malang city and Satuan Polisi Pamong Praja Malang city. Problem formulations in this study are how policy implementation of advertisement arrangement in Malang city based of Malang Regional Regulation No. 4 of 2006 About Implementation of Advertising; How do factors driving and inhibiting policy implementation of advertisement arrangement in Malang city. purpose of this study: Describe and analyze policy implementation of advertisement arrangement in malang city based of malang regional regulation no. 4 of 2006 about implementation of advertising; Describe and analyze factors driving and inhibiting policy implementation of advertisement arrangement in Malang city. research method used is descriptive research with a qualitative approach. Data collection techniques are observation, interview and documentation. Analysis of data used an interactive model Milles and Huberman. findings indicate that policy implementation of advertisement arrangement include licensing arrangement advertisement installation, supervision and control of advertisement. Agencies responsible for permitting installation of billboards in city of Malang is Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Malang City, agencies responsible for advertisement tax revenue in city of Malang is Dinas Pendapatan Daerah Malang city, while agencies responsible for supervision and control of advertisement in city of Malang is Satuan Polisi Pamong Praja Malang City. Controlling advertisement violations by Satpol PP Malang City with admonition until dismantling of advertisement. re are several driving factors and inhibiting policy implementation of advertisement arrangement in Malang City. a) driving factors: 1). High commitment of BP2T Malang City officers. 2) existence of a standard operating procedure in form of a structured work system. 3) data and information about violations advertisement. 4) availability of operating budget. b) inhibit Factors: 1) Lack of awareness billboard providers to manage licensing reklamenya installation. 2) Insufficient numbers of Satpol PP Malang City officers. 3) Lack of supporting equipment for Satpol PP Malang city.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/659.1/HAB/i/041406412
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 659 Advertising and public relations > 659.1 Advertising
Divisions: S2/S3 > Magister Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 23 Sep 2014 17:56
Last Modified: 04 Mar 2022 09:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/160074
[thumbnail of M. Mujtaba Habibi.pdf]
Preview
Text
M. Mujtaba Habibi.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item