Fadhlihalim, Rugeri (2014) Faktor Lingkungan Perusahaan Yang Berpengaruh Pada Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan Terhadap Citra Perusahaan Pada Perusahaan Distribusi Bahan Kimia Di Kota Malang. Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis beberapa pengaruh antara faktor lingkungan, kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan, loyalitas pelanggan terhadap citra perusahaan pada sebuah perusahaan distribusi bahan kimia Di Kota Malang. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan melakukan penelitian explanatory. Populasi yang ada dalam penelitian ini adalah konsumen yang telah dan pernah melakukan transaksi pembelian pada perusahaan yang menjadi objek penelitian. Sampel yang digunakan adalah representativeness sample, dan dengan skala Roscoe sehingga didapati jumlah populasi 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor lingkungan berpengaruh signifikan pada kualitas pelayanan perusahaan, yang mempengaruhi loyalitas pelanggan sehingga berpengaruh pada citra perusahaan. Dilain hal, kualitas pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Temuan lain yang terbarukan adalah hasil signifikan dari pengujian loyalitas berpengaruh terhadap citra perusahaan, di dalam hal ini perusahaan menawarkan barang yang memang tidak ditawarkan oleh pemasok di perusahaan lain, sehingga hanya perusahaan satu perusahaan yang menjual barang tersebut, mau tak mau pelanggan harus loyal terlebih dahulu karena memang kebutuhan barang ada pada satu perusahaan. Hal inilah yang harus dijadikan peluang untuk membentuk citra perusahaan yang berasal dari loyalitas pelanggan.
English Abstract
method used in this study is a quantitative method by using explannatory. population in this study is consumer who has make purchases and never before at company which is being object of this research . Samples is used representativeness sample, and with Roscoe scale so that found 100 respondent. results showed that environmental factors have a significant effect on service quality, which affect customer loyalty and refore contributes to companys image. On ano r finding, Service quality not affect customer satisfaction. Ano r new finding is a significant testing result of loyalty on companys image, it`s because company is selling product that are ano r company does not sell so only one company are selling some goods and customer have to be loyal first because it`s needs This is should be used as an opportunity to create company`s imageswhich derived from customer loyalty .
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | TES/658/FAD/f/041500008 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis |
Depositing User: | Samsul Arifin |
Date Deposited: | 21 Apr 2015 11:11 |
Last Modified: | 21 Apr 2015 11:11 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/160058 |
Actions (login required)
View Item |