Peran Organizational Citizenship Behavior dalam Memediasi Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada PT. Bank Syariah Mandiri di Malang Raya)

Ekowati, VivinMaharani (2013) Peran Organizational Citizenship Behavior dalam Memediasi Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada PT. Bank Syariah Mandiri di Malang Raya). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran OCB dalam memediasi pengaruh kepemimpinan transformasional, kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan. Studi dilakukan di Bank Syariah Mandiri di Malang Raya. Populasi penelitian adalah seluruh karyawan Bank Syariah Mandiri di Malang Raya, sampel sebesar 61 orang karyawan, dengan teknik pengambilan sampel proportional random sampling . Data dikumpulkan langsung dari responden dengan menggunakan kuesioner dan teknis analisis data menggunakan Generalized Structured Component Analysis (GSCA). Hasil penelitian membuktikan kepemimpinan transformasional dan kepuasan kerja berpengaruh langsung terhadap kinerja karyawan. OCB terbukti memediasi pengaruh pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja, Namun kepemimpinan transformasional tidak berpengaruh terhadap OCB. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat diartikan bahwa kepemimpinan transformasional, kepuasan kerja, OCB merupakan komponen organisasi yang sangat berharga. Komponen ini dapat menjadi kompetensi inti organisasi untuk meningkatkan kinerja, yang merupakan sumber keunggulan bersaing organisasi dalam menghadapi lingkungan bisnis yang berubah dengan cepat.

English Abstract

This study aimed to determine OCB role to mediate effect of transformational leadership and job satisfaction on employee performance. This Study is conducted at Bank Syariah Mandiri in Malang. Populations are 155 full time employees of Bank Syariah Mandiri in Malang. research samples are 61 employees, selected by proportional random sampling. Data are collected directly from respondents with questionnaire. It is an explanatory research. Data analysis technique used is Generalized Structured Component Analysis (GSCA). Results prove transformational leadership does not affect on OCB, OCB affects directly on employee performance, transformational leadership affects directly on employee performance, job satisfaction affects directly on employee performance, OCB does not mediate effect of transformational leadership on employee performance, OCB mediates effect of job satisfaction on employee performance. Based on se results, it can be interpreted that transformational leadership, job satisfaction and OCB is valuable component of an organization. This component can become a core competency to improve organizational performance. It is a source of organizational competitive advantage to face rapid business environment change.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658/EKO/p/041305524
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 09 Jan 2014 16:12
Last Modified: 09 Jan 2014 16:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/160056
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item