Pengaruh Kualitas Pelayanan Online (E-Service Quality), Kepercayaan (Trust) dan Gaya Hidup (Lifestyle) terhadap Sikap dan Niat Perilaku Pembelian Online (Studi pada Pengguna Jasa Rekber Blackpanda)

Sulistyowati, FitriaAjeng (2014) Pengaruh Kualitas Pelayanan Online (E-Service Quality), Kepercayaan (Trust) dan Gaya Hidup (Lifestyle) terhadap Sikap dan Niat Perilaku Pembelian Online (Studi pada Pengguna Jasa Rekber Blackpanda). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh kualitas pelayanan online ( e-service quality ), kepercayaan ( trust ) dan gaya hidup ( lifestyle ) terhadap sikap dan niat perilaku pembelian online melalui survey dengan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini tidak diketahui, sedangkan sampel dalam penelitian ini sebanyak 200 responden, 30 responden penelitian pendahuluan dan 170 responden untuk penelitian lanjutan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan online ( e-service quality ), kepercayaan ( trust ) dan gaya hidup ( lifestyle ) berpengaruh positif dan signifikan secara langsung terhadap sikap konsumen online. Variabel sikap konsumen online berpengaruh positif dan signifikan secara langsung terhadap niat perilaku pembelian online. Variabel kualitas pelayanan online ( e-service quality ) dan kepercayaan ( trust ) berpengaruh positif dan signifikan secara langsung terhadap niat perilaku pembelian online, tetapi gaya hidup ( lifestyle ) tidak berpengaruh secara langsung signifikan terhadap niat perilaku pembelian online. Variabel kualitas pelayanan online ( e-service quality ), kepercayaan ( trust ) dan gaya hidup ( lifestyle ) berpengaruh secara tidak langsung terhadap niat perilaku pembelian online yang dimediasi oleh sikap konsumen online. Hal ini menunjukkan ada faktor lain yang belum ditemukan dalam penelitian ini dan menjadi rekomendasi untuk penelitian selanjutnya.

English Abstract

This study aims to analyze influence of quality of effect of e-service quality, trust and lifestyle to attitudes and online buying behavior intentions through a survey questionnaire. population in this study is unknown, while samples in this study were 200 respondents, 30 respondents preliminary study and 170 respondents for fur r research. method of analysis used in this study is Partial Least Square (PLS). results showed that variable e-service quality, trust and lifestyle and a significant positive effect on consumer attitudes directly online. Online consumer behavior variables and significant positive effect on behavioral intentions directly online purchases. variable e-service quality and trust and a significant positive effect on behavioral intentions directly online purchases, but lifestyle is not a significant direct effect on behavioral intention of online purchase. variable e-service quality, trust and lifestyle indirect effect on online purchase behavior intention mediated by attitude of online consumers. This suggests re are o r factors that have not been found in this study and a recommendation for fur r research.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.872/SUL/p/041407618
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 04 Dec 2014 10:59
Last Modified: 04 Dec 2014 10:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/160048
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item