Pengaruh Bauran Pemasaran Eceran terhadap Kepuasan Pelanggan dan Dampaknya pada Loyalitas Pelanggan : Survei Pada Pelanggan Wanita PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk. Kota Malang.

Candrawati, Triesti (2010) Pengaruh Bauran Pemasaran Eceran terhadap Kepuasan Pelanggan dan Dampaknya pada Loyalitas Pelanggan : Survei Pada Pelanggan Wanita PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk. Kota Malang. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan perdagangan eceran pada pasar modern di Indonesia mengalami suatu pertumbuhan dan persaingan yang sangat pesat sekali dengan masuknya perusahaan besar seperti Alfa, Makro, Carrefour, Ramayana, Giant, Hypermarket , Hero dan lainnya. Bagi Indonesia, dengan jumlah penduduk sekitar 220 juta, ditambah kunjungan wisatawan mancanegara sekitar 5 juta per tahun merupakan pasar yang sangat potensial bagi peritel nasional maupun peritel asing. Besarnya jumlah penduduk turut menentukan keberhasilan usaha ritel. Pasar Modern adalah tempat penjualan barang-barang kebutuhan rumah tangga (termasuk kebutuhan sehari-hari), di mana penjualan dilakukan secara eceran dan dengan cara swalayan (konsumen mengambil sendiri barang dari rak dagangan dan membayar ke kasir). Itulah sebabnya, pasar dengan format seperti ini disebut juga Pasar Swalayan. Faktor yang mendorong pesatnya perkembangan pasar ritel Indonesia adalah jumlah penduduk yang besar, mencapai 230 juta jiwa Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) menganalisis dan menjelaskan pengaruh bauran pemasaran eceran terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan; 2) menganalisis dan menjelaskan pengaruh bauran pemasaran pelanggan terhadap Tingkat Loyalitas Pelanggan; 3) menganalisis dan menjelaskan pengaruh Tingkat Kepuasan Pelanggan terhadap Tingkat Loyalitas Pelanggan. Sampel dari penelitian ini sebanyak 79 orang responden wanita yang telah melakukan belanja sebanyak 2 kali di Mall Ramayana Kota Malang. Teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Kuesioner merupakan instumen utama untuk mengumpulkan data. Statistik deskriptif dan Path Analysis (analisis jalur) digunakan untuk analisis data hasil penelitian dengan bantuan SPSS 15. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel bauran pemasaran yaitu Lokasi, Barang Dagangan, Harga, Promosi dan Atmosfir dalam Gerai terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan, sedangkan variabel Layanan Ritel tidak berpengaruh secara signifikan. Selain itu terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel bauran pemasaran yaitu Lokasi, Harga, Promosi dan Atmosfir dalam Gerai terhadap Tingkat Loyalitas Pelanggan, sedangkan variabel Barang Dagangan dan Layanan Ritel tidak berpengaruh secara signifikan. Hasil penelitian ini juga menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara Tingkat Kepuasan Pelanggan dan Tingkat Loyalitas Pelanggan.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.87/CAN/p/041002552
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: S2/S3 > Magister Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 19 Nov 2010 10:52
Last Modified: 19 Nov 2010 10:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/160030
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item