Pengaruh Faktor Kualitas Layanan, Individual dan Lingkungan terhadap Keputusan Pembelian Jasa Bengkel Mobil di Kabupaten Manokwari

Bopeng, LouisSoemadi (2013) Pengaruh Faktor Kualitas Layanan, Individual dan Lingkungan terhadap Keputusan Pembelian Jasa Bengkel Mobil di Kabupaten Manokwari. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Seiring berkembangnya teknologi otomotif dan semakin banyaknya kendaraan-kendaraan roda empat yang beredar di Indonesia, membuat usaha bengkel mobil semakin menjamur. Usaha bengkel mobil melakukan usaha dalam bidang jasa perawatan dan perbaikan kendaraan bermotor roda empat atau lebih. Ketatnya persaingan usaha jasa bengkel ini mendorong pengusaha untuk memahami keinginan konsumen dengan cara mengetahui faktor-faktor apa saja yang menjadi pertimbangan konsumen dalam membeli jasa bengkel mobil. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari faktor kualitas layanan, Individual dan lingkungan terhadap keputusan pembelian jasa bengkel mobil di kabupaten Manokwari dan untuk mengetahui pengaruh dominan dari ketiga faktor tersebut. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna jasa bengkel mobil yang melakukan perawatan dan perbaikan kendaraan roda empat atau lebih di kabupaten Manokwari. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah convenience sampling, sedangkan pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner dengan jumlah sampel sebanyak 118 responden. Metode yang digunakan untuk mengukur jawaban responden dalam penelitian ini adalah Skala Likert. Data yang telah terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan analisis faktor konfirmatori dan regresi berganda. Hasil penemuan penting dalam penelitian ini adalah diketahui bahwa faktor kualitas layanan, faktor individu dan faktor lingkungan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian jasa bengkel mobil di Kabupaten Manokwari. Sedangkan yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian adalah faktor lingkungan. Keterbatasan penelitian ini terkait dengan bentuk pelayanan yang diberikan oleh bengkel saja yang dibahas, tidak memasukkan produk-produk yang dijual oleh bengkel tersebut; selain itu, penelitian ini hanya dilakukan di daerah Manokwari saja sehingga tidak bisa digeneralisasikan untuk daerah dan kasus yang berbeda.

English Abstract

As automotive technology develops and number of automobile sales gets higher in Indonesia, it results on growth of automobile maintenance and repair business. Automobile maintenance and repair business delivers service on car tune-up and reparation. tight competition in this business encourages entrepreneurs and business owners to understand more on what ir customers want as purchase automobile maintenance and repair service. objective of this research is to know role of service quality, individual, and environmental factors on purchase decision to buy automobile maintenance and repair service at Manokwari Regency; it also searches for dominant factor among those three factors. research population is customer of automobile maintenance and repair service that is having his/her car maintained or repaired in Manokwari Regency. sampling technique utilized in this research is convenience sampling. data collection uses questionnaire with sample number of 118 respondents. method that used to measure respondent`s answers in this research is five scales of Likert. ga red data are n analyzed by using confirmatory factor analysis and multiple linear regression. important finding of this research is that service quality, individual, and environmental factors have positive and significant effect on purchase decision of customers who buy automobile maintenance and repair service in Manokwari Regency. dominant role among those three factors is on environmental factor. limitations of this research are that it analyzed only on service provided by business but not including items it sells; it was conducted in particular region of Manokwari Regency so that result cannot be generalized for different region and different case.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.834/BOP/p/041302593
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 05 Jun 2013 09:49
Last Modified: 05 Jun 2013 09:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/160022
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item