Switching Behavior pada Konsumen Klinik Kecantikan di Kota Surabaya

Yulfajar, Amrina (2013) Switching Behavior pada Konsumen Klinik Kecantikan di Kota Surabaya. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologi, untuk menggali lebih dalam tentang perilaku perpindahan pada konsumen klinik kecantikan. Fenomena ini disajikan dengan mendeskripsikan pola perpindahan konsumen pada saat pertama kali memilih klinik kecantikan lalu kemudian berpindah klinik kecantikan. Informan pada penelitian ini didapatkan dengan menggunakan metode snowball sampling . Pengumpulan data pada penelitian ini melalui proses wawancara mendalam kepada setiap informan. Analisis data dilakukan dengan cara pengkodingan. Pada tahap selanjutnya, peneliti membuat data deskriptif dari hasil wawancara dengan informan untuk mendapatkan pola perpindahan perilaku konsumen klinik kecantikan sesuai dengan kategori yang telah ditemukan. Berdasarkan analisis data penelitian, ditemukan bahwa ada dua tema yang menjadi alasan konsumen pada saat pertama kali memilih klinik kecantikan, antara lain Pengaruh Kelompok Referensi dan Ketersediaan Dokter. Pada saat melakukan perpindahan klinik kecantikan, ditemukan empat tema antara lain, Pengaruh Kelompok Referensi, Kenyamanan, Pelayanan, dan Kegagalan Pemberian Jasa Inti. Pada akhir dari penelitian ini, tidak ditemukan adanya hubungan antara data demografis informan dengan hasil penelitian.

English Abstract

This study used qualitative method with phenomonlogy apparoach, to have a deep insight of switching behavior of beauty clinic consumer. phonemena is describe as pattern of first swithing behavior of first decision of beauty clinic and n switch into ano r beauty clinic. informant of this study are collected by using snowball sampling method. Collecting data in this study through in-depth interview process to each informant. Data analysis was done by coding. In next phase, researcher makes descriptive data from interviews with informants to obtain switching berhavior patterns of beauty clinic consumer according to categories that have been found. Based on data analysis, its found re are two mes why consumers choose beauty clinic for first time, re are Reference Group Influence and Availability of Doctor. When Switching to ano r beauty clinic, found four mes, re are, Reference Group Influence, Convenience, Service, and Core Services Failure. At end of study, re were no relationships between demographic data informants with results of study.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.834 3/YUL/s/041404771
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 28 Aug 2014 09:06
Last Modified: 28 Aug 2014 09:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/160018
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item