Pengaruh Manfaat Keyakinan dan Dimensi Kepribadian terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Relationship Quality (Studi pada Pelanggan Butik Busana Muslimah di Kota Malang)

Yudha, MufidhaKartika (2014) Pengaruh Manfaat Keyakinan dan Dimensi Kepribadian terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Relationship Quality (Studi pada Pelanggan Butik Busana Muslimah di Kota Malang). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini menganalisis pengaruh manfaat keyakinan, dimensi kepribadian, relationship quality, dan loyalitas pelanggan. Fenomena yang ada saat ini menunjukkan bahwa dengan adanya persaingan yang semakin ketat antar butik-butik busana muslimah di Kota Malang menyebabkan manfaat keyakinan dan kesesuaian busana muslimah dengan kepribadian pelanggan menjadi hal penting untuk menumbuhkan loyalitas melalui karyawan sebagai pemelihara kualitas hubungan ( relationship quality ). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh manfaat keyakinan dan dimensi kepribadian terhadap loyalitas pelanggan melalui relationship quality dengan sampel berjumlah 84 pelanggan butik busana muslimah di Kota Malang pada tahun 2014. Pendekatan penelitian menggunakan kuantitatif eksplanatori. Teknik pengambilan sampel menggunakan puposive sampling. Teknik analisis menggunakan statistik deskriptif dan Path Analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manfaat keyakinan dan dimensi kepribadian berpengaruh terhadap loyalitas melalui relationship quality . Namun, manfaat keyakinan tidak berpengaruh langsung terhadap loyalitas. Penelitian ini terbukti menunjukkan bahwa manfaat keyakinan tidak berpengaruh terhadap loyalitas jika hanya dilihat dari harga busana muslimah saja, namun banyak faktor lain yang mendukung. Sehingga peran karyawan penting sebagai perantara pemilik butik sebagai penyedia busana dan pelanggan sebagai pengguna. Dalam hal ini, kemampuan komunikasi karyawan sangat penting untuk membangun kepercayaan, kepuasan dan komitmen pelanggan yang berujung pada loyalitas pelanggan.

English Abstract

This study analyzed effect of benefits of belief, dimensions of personality, relationship quality, and customer loyalty. Phenomena that exist today shows that with increasing competition among Muslimah clothing boutiques in Malang cause benefit beliefs and compliance of Muslim clothing with customers personality becomes important to cultivate loyalty through employee as custodian of quality of relationships (relationship quality). This study aims to analyze influence of benefits of belief and personality dimensions on customer loyalty through relationship quality with 84 customers of Muslim clothing boutique in Malang in 2014 as a sample and using quantitative explanatory as research approach. sampling technique used is purposive sampling. analysis techniques were using descriptive statistics and path analysis. results of study showed that benefits of belief and personality dimensions influence loyalty through relationship quality. However, benefit of belief does not directly influence loyalty. This study shows that benefits of belief proved to have no effect on loyalty if only seen from Muslim clothing prices, but o r factors that support. So, role of employee as an intermediary fashion boutique owner as providers and customers as users is very important. In this case, communication skills of employees are very important to build trust, and commitment to customer satisfaction which leads to customer loyalty.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.834 3/YUD/p/041405319
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 15 Sep 2014 10:53
Last Modified: 15 Sep 2014 10:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/160016
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item