Analisis Kepuasan Pelanggan dan Strategi Peningkatan Kualitas Keripik Nangka Menggunakan Integrasi Quality Function Deployment (QFD) dengan Analytical Hierarchy Process (AHP) (Studi Kasus di CV. Aneka

Rucitra, AndanLinggar (2014) Analisis Kepuasan Pelanggan dan Strategi Peningkatan Kualitas Keripik Nangka Menggunakan Integrasi Quality Function Deployment (QFD) dengan Analytical Hierarchy Process (AHP) (Studi Kasus di CV. Aneka. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan produk makanan dan minuman lokal saat ini sangat pesat. Hal ini ditandai dengan banyak munculnya merk dan jenis produk makanan dan minuman lokal yang beraneka ragam beredar di pasaran sehingga perlu adanya daya saing yang kuat. Kesetiaan pelanggan merupakan kunci sukses yang memerlukan peningkatan kualitas yang berkelanjutan, karena kesetiaan pelanggan memiliki nilai strategis bagi industri dan merupakan salah satu aset dari produk yang bernilai mahal. CV. Aneka Rasa merupakan salah satu unit usaha yang memproduksi produk oleh-ole h khas Malang antara lain keripik tempe aneka rasa, keripik buah, dan aneka kue. Beragamnya jenis produk yang dihasilkan menjadikan CV. Aneka Rasa ini menjadi salah satu tujuan pariwisata para wisatawan yang berkunjung ke Kota Malang. Sebagai pelopor aneka produk oleh-oleh khas Malang, CV. Aneka Rasa ini perlu menjaga dan meningkatkan kualitas produk agar dapat tetap mempertahankan loyalitas konsumen. Produk CV Aneka Rasa yang sedang bersaing dengan produk sejenis lain di pasaran adalah keripik buah, dan dalam penelitian ini dipilihlah keripik nangka dengan rata-rata penjualan per bulan pada tahun 2013 sebesar 97,5 kg dinilai lebih dominan disukai konsumen dibanding keripik buah yang lain. Selanjutnya, produk keripik nangka dari CV. Aneka Rasa akan dilakukan benchmarking dengan produk keripik nangka dari pesaing dengan kapasitas produksi yang cukup tinggi di lokasi yang berdekatan yaitu CV “X”. Kepuasan konsumen perlu diteliti agar dapat memberikan solusi terhadap unit usaha atau industri terkait guna meningkatkan kualitas produk . Quality Function Deployment (QFD) merupakan suatu alat efektif yang dapat menolong perusahaan dengan membentuk suatu respon kebutuhan konsumen, menjelaskan apa yang diinginkan, dan proses menuju peningkatan proses untuk memenuhi harapan konsumen. Penggunaan metode QFD perlu diintegrasikan dengan metode lain untuk memperoleh urutan prioritas dari suatu permasalahan, metode yang tepat dalam menganalisis kepuasan konsumen yang cocok diintegrasikan dengan QFD adalah metode AHP. Analytical Hierarchy Process (AHP) dipergunakan untuk mencari rangking atau urutan prioritas dari berbagai alternatif dalam pemecahan suatu permasalahan kompleks atau tidak terstruktur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis atribut keinginan dan kepuasan konsumen terhadap keripik nangka Aneka Rasa jika dibandingkan dengan CV “X” serta untuk merumuskan strategi dalam meningkatkan kualitas produk keripik nangka Aneka Rasa. Instrumen utama pengumpulan data berupa kuesioner yang dibagi menjadi 2 jenis yaitu sebanyak 47 responden konsumen dan 3 responden ahli. Pengolahan data berdasar pada House of Quality pada metode QFD untuk memperoleh hasil analisis kepuasan konsumen dan hasil benchmarking dengan produk sejenis dari CV “X” kemudian mengintegrasikannya dengan metode AHP untuk memperoleh urutan bobot respon teknis. Hasil dari penelitian ini adalah Kepuasan pelanggan terhadap produk keripik nangka “Bu Noer” dari CV. Aneka Rasa menurut responden pelanggan rata-rata menilai cukup tinggi dan puas dengan keripik. Urutan atribut kepuasan pelanggan secara berurutan adalah rasa keripik (7,5); kestabilan volume (7,5); kelengkapan informasi (6); kebersihan outlet (6); kenyamanan outlet (6); ukuran kemasan (4,93); ketanggapan permintaan (4,87); kemudahan menjangkau outlet (4,85); tekstur keripik nangka (4,82); warna sesuai warna asli nangka (4,8); aroma khas nangka (4,8); harga yang sesuai kualitas (4,8); harga lebih murah dari pesaing (4,8). U rutan prioritas respon teknis yang selanjutnya dikembangkan menjadi strategi peningkatan kualitas yang memungkinkan menurut CV. Aneka Rasa adalah penentuan harga jual produk yang sesuai (0,383); pemilihan kualitas buah (0,177); teknik pengemasan yang tepat (0,117); ketanggapan terhadap permintaan konsumen (0,113), teknik pengolahan yang tepat (0,111) dan tempat penyimpanan (0,099) .

English Abstract

development of local food and beverage products are very rapidly now. It is characterized by appearance of many brands and types of local food and beverages products diverse on market, so that strong competitiveness are required. Customer loyalty is success`s key that requires continuous quality improvement, because customer loyalty has strategic value to industry and one of assets of high value products. CV. Aneka Rasa is one of business units that produce typical food of Malang include tempeh chips in a various flavors, fruit crisps and cakes. diversity of types of products make CV. Aneka Rasa has become one of tourism destinations of tourists who visit Malang. As a pioneer of various typical food of Malang, CV. Aneka Rasa require to maintain and improve product quality in order to retain customer loyalty. Product of CV Aneka Rasa still need to compete with o r similar products on market is fruit crisps, and in this study were chosen jackfruit chips with average sales per month in 2013 amounted to 97.5 kg judged more dominant preferred by consumer than o r fruit chips. Fur rmore, jackfruit chips products from CV. Aneka Rasa will do benchmarking with jackfruit chips products from competitors with high enough production capacity in a near location that is CV “X”. Consumer satisfaction needs to be examined in order to provide solutions to business unit or related industries in order to improve quality of product. Quality Function Deployment (QFD) is an effective tool that can help companies to form a response consumer needs, explain what y want, and process towards improving processes to fulfill consumer expectations. use of QFD methods need to be integrated with o r methods to obtain order of priority of an issue, proper method in analyzing customer satisfaction that QFD is suitable to be integrated with AHP method. Analytical Hierarchy Process (AHP) is used to find rank or order of priority of various alternatives in solving a complex problem or unstructured. purpose of this study was to analyze attributes of desire and customer satisfaction with quality of jackfruit chips from CV. Aneka Rasa compared with CV “X” and to formulate a strategy to improve product quality of Anekas Rasa`s jackfruit chips. main instruments of data collection in form of a questionnaire which is divided into two types by 47 respondents and 3 respondents consumer experts. Data processing based on House of Quality in QFD method to obtain results of analysis of consumer satisfaction and outcomes benchmarking with similar products from CV “X” n integrate with AHP method to obtain sequence of weights technical response. results of this study are customer satisfaction to jackfruit chips "Bu Noer" from CV. Aneka Rasa according to customer respondents on average rated high enough and are satisfied with chips. order of attributes of customer satisfaction in a sequence is a sense of crisps (7.5); constant of volume (7.5); information completeness (6); cleanliness of outlet (6); convenience outlet (6); packaging size (4.93); demand`s responsiveness (4.87); ease of reaching outlet (4.85); texture of jackfruit chips (4.82); colors according to original color of jackfruit (4.8); typical aroma of jackfruit (4.8); price according to quality (4.8); cheaper prices than competitors (4.8). order of priority technical response which n developed into a quality improvement strategy that allows by Aneka Rasa is determining appropriate selling price (0.383); selection of fruit quality (0.177); proper packaging techniques (0.117); responsiveness to consumer demand (0.113), proper processing techniques (0.111) and storage (0,099).

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.834 3/RUC/a/041407166
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: S2/S3 > Magister Teknologi Hasil Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 14 Nov 2014 13:26
Last Modified: 02 Apr 2020 12:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/160013
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item