Pengaruh Kepercayaan, Kepuasan Pelanggan dan Komitmen Hubungan terhadap Citra Rumah Sakit di Kota Blitar

Muchlis, Muhammad (2013) Pengaruh Kepercayaan, Kepuasan Pelanggan dan Komitmen Hubungan terhadap Citra Rumah Sakit di Kota Blitar. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pemasaran rumah sakit tidak sebebas pemasaran jenis usaha lainnya. Rumah sakit membutuhkan citra untuk menjadi pilihan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan, kepuasan pelanggan, dan komitmen hubungan terhadap citra rumah sakit di Kota Blitar. Penelitian ini merupakan penelitian cross sectional dengan responden 122 orang pasien yang sedang menjalani rawat inap atau keluarganya pada bulan April 2013 di tiga rumah sakit di Kota Blitar . Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling . Variabel pada penelitian ini terdiri dari kepercayaan, kepuasan pelanggan, dan komitmen hubungan sebagai variabel bebas dan citra rumah sakit sebagai variabel terikat. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan diukur dengan skala Likert 5 tingkat. Data dianalisis dengan menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan, kepuasan pelanggan, dan komitmen hubungan berpengaruh baik secara parsial maupun simultan terhadap citra rumah sakit. Kepuasan pelanggan merupakan variabel dominan yang berpengaruh terhadap citra rumah sakit.

English Abstract

Hospital marketing is not as free as common businesses marketing. Hospitals need image to be customers choice. This study aimed to determine influence of trust, customer satisfaction, and relationship commitment on hospital image in Blitar city. research was a cross-sectional study. respondent were 122 patients who were hospitalized in April 2013 or ir families in three hospitals in Blitar city. samples were taken using purposive sampling technique. In this research, variables were trust, customer satisfaction, and relationship commitment as independent variables and hospital image as dependent variable. Data were collected by questionnaires and measured with a scale of Likert 5 levels. Data were analyzed using multiple linear regression. results showed that trust, customer satisfaction, and relationship commitment influence both partially and simultaneously to hospital image. biggest antecedent contribution to hospital image was given by customer satisfaction.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.834 3/MUC/p/041308724
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen Rumah Sakit, Fakultas Kedokteran
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 27 Feb 2014 15:27
Last Modified: 22 Apr 2022 04:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/160000
[thumbnail of Muhammad Muchlis.pdf] Text
Muhammad Muchlis.pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item