Pengaruh Hedonic Shopping Value, Atmosfer Gerai terhadap Keputusan Pembelian Imlusif konsumen dengan di mediasi Reaksi Impulsif Studi di Matahari Department Store Kota Malang.

Kartika, TrecyaGitaMaya (2016) Pengaruh Hedonic Shopping Value, Atmosfer Gerai terhadap Keputusan Pembelian Imlusif konsumen dengan di mediasi Reaksi Impulsif Studi di Matahari Department Store Kota Malang. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Strategi yang paling penting yang harus dilakukan oleh pemasar untuk meningkatkan perekonomian perusahaan adalah dengan memiliki pengetahuan tentang prilaku belanja konsumen yang menjadi sasaran utama karena hal ini merupakan kunci dalam memenangkan persaingan di pasar. Prilaku konsumen yang menarik bagi produsen yaitu adanya reaksi impulsif yang berkaitan erat dengan pembeliaan impulsif yang biasanya disebut oleh pemasar dengan pembelian yang tidak direncanakan. Strategi ini juga digunakan oleh beberapa perusahaan retail salah satunya Matahari Department Store yang menjadi objek penelitian ini. Penelitian ini selain bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh hedonic shopping value, atmosfer gerai terhadap keputusan pembelian impulsif, juga untuk menguji dan menganalisis peran reaksi impulsif dalam memediasi pengaruh hedonic shopping value terhadap keputusan pembelian impulsif dan atmosfer gerai terhadap keputusan pembelian impulsif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Matahari Department Store kota Malang dengan jumlah sampel sebanyak 170 responden. Sampel diambil dengan menggunakan teknik non probability, dengan teknik purposive sample dan kemudian data yang diperoleh dari sampel dianalisis menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara hedonic shopping value terhadap keputusan pembelian impulsif dan reaksi impulsif. Atmosfer gerai berpengaruh terhadap reaksi implsif dan keputusan pembelian impulsif. Reaksi impulsif berpengaruh terhadap Keputusan pembelian impulsif. Reaksi impulsif berperan sebagai partial mediation dalam pengaruh hedonic shopping value terhadap keputusan pembelian impulsif dan atmosfer gerai terhadap keputusan pembelian impulsif, yang mengindikasikan bahwa hedonic shopping value dan atmosfer gerai dapat mempengaruhi keputusan pembelian impulsif dengan baik dengan ataupun tanpa didukung oleh adanya reaksi impulsif, berdasarkan hasil penelitian untuk meningkatkan penjualan, perusahaan perlu memperhatikan hal-hal yang mampu meningkatkan reaksi impulsif konsumen karena semakin tinggi reaksi impulsif yang diciptakan maka akan semakin mendorong hedonic shopping value maupun atmosfer gerai dalam meningkatkan keputusan pembelian impulsif. Memperhatikan tata letak/layout toko, pencahayaan, aroma, warna, suhu ruangan dan display yang menarik adalah hal-hal yang mampu menciptakan reaksi impulsif yang seharusnya mendapatkan perhatian lebih organisasi untuk meningkatkan kenyamanan konsumen yang bertujuan meningkatkan penjualan perusahaan.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.834 3/KAR/p/2016/041607598
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 05 Dec 2016 15:21
Last Modified: 05 Dec 2016 15:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159996
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item