Hidayati, Noor (2012) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Konsumen dalam Keputusan Pembelian Kain Sasirangan di Kota Banjarmasin. Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Perilaku konsumen sangatlah kompleks, tidak mudah bagi suatu perusahaan untuk memahaminya. Sedangkan salah satu tujuan pemasaran adalah memahami dan mempengaruhi konsumen untuk memilih barang atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan. Dalam melakukan pembelian konsumen dipengaruhi oleh berbagai hal, baik faktor individu, faktor lingkungan maupun strategi bauran pemasaran dari perusahaan. Demikian juga dengan konsumen Kain Sasirangan, agar kelanjutan pemasaran Kain Sasirangan terus berjalan maka analisis perilaku konsumen perlu dilakukan untuk memenuhi keberhasilan pemasarannya. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam keputusan pembelian, 2) Untuk menguji dan menjelaskan pengaruh faktor-faktor (perilaku konsumen) yang terbentuk terhadap keputusan pembelian, 3) Untuk mengetahui dan menganalisis faktor (variabel) yang paling mempengaruhi konsumen dalam keputusan pembelian. Penelitian ini dilakukan di Kota Banjarmasin. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research . Besar sampel ditentukan dengan menggunakan rumus Machin and Chambell, maka diperoleh n=138. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Accidental Sampling . Analisis data yang digunakan adalah analisis faktor dan analisis regresi berganda. Faktor/variabel yang diamati dan diteliti adalah faktor gagasan, karakteristik konsumen, budaya, referensi, kelas sosial, produk, harga, promosi dan distribusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 9 faktor yang terdiri dari 20 variabel yang diamati secara analisis faktor tereduksi dan terbentuk ke dalam lima faktor yaitu Faktor Produk (F1), Faktor Harga (F2), Faktor Referensi (F3), Faktor Kepribadian (F4) dan Faktor Promosi (F5). Secara simultan hasil menunjukkan bahwa ke lima faktor secara bersama-sama atau serempak mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara parsial Faktor Produk (F1), Faktor Harga (F2), Faktor Kepribadian (F4) dan Faktor (F5) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y), sedangkan Faktor Referensi (F3) berpengaruh tetapi tidak signifikan. Dari ke empat faktor yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian, Faktor Harga merupakan faktor yang paling mempengaruhi keputusan pembelian Kain Sasirangan. Hal ini berkaitan erat dengan kemampuan suatu produk dalam memberikan kepuasan kepada konsumennya, yang berarti bahwa pengorbanan akan biaya yang dikeluarkan konsumen sesuai dengan mutu/kualitas produk dan manfaat yang didapatnya.
English Abstract
Consumer behavior is complex, not easy for a company to understand it. While one goal of marketing is to understand and influence consumers to select goods or services offered by company. In making a purchase consumer is influenced by many things, both individual factors, environment factors and marketing mix strategy of company. Likewise, consumer Kain Sasirangan, so marketing continuation Kain Sasirangan continue analysis of consumer behavior needs to be done to meet its marketing success. purpose of this study are: 1) To determine factors that influence consumer purchasing decisions, 2) To examine and explain influence of factors (consumers behavior) that is formed against decision of purchasing, 3) To know and analyze factors (variable) which most influence consumers in ir buying decision. research was conducted in city of Banjarmasin. This type of studi is explanatory research. Sample size was determined using formula Machin and Chambell, obtained n=138. Methods of data collection using questionnaires. sampling technique used was Accidental Sampling technique. Analysis of data used is factors analysis and multiple regression analysis. Factors/variables are observed and studied notion of factors, consumer characteristics, culture, reference, social class, product, price, promotion and distribution. Result showed that of 9 factors comprising 20 variables observed in factors analysis reduced and formed into five factors:Factor Products (F1), Factor Prices (F2), Factor Reference (F3), Personality Factor (F4) and Factor Promotion (F5). Simultaneously results indicate that five factors toge r or simultaneously have positif and significant influence impact on purchasing decisions. Partially Factor Products (F1), Factor Prices (F2), Personality Factor (F4) and Factor Promotion (F5) has positive and significant impact on purchasing decisions (Y), while Factor Reference (F3) positif but not significant effect. Factor Orice is dominant factor influencing purchase decision Kain Sasirangan. This is closely related to ability of a product in providing satisfaction to customers, which means that sacrifice would cost consumer in accordance with quality of products and benefits he gets.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | TES/658.834 3/HID/a/041200315 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing |
Divisions: | S2/S3 > Magister Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi |
Depositing User: | Endro Setyobudi |
Date Deposited: | 16 Apr 2012 15:01 |
Last Modified: | 16 Apr 2012 15:01 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159994 |
Actions (login required)
View Item |