Analisis Pengaruh Pengalaman Merek Terhadap Loyalitas Merek Melalui Kepuasan Merek Dan Kepercayaan Merek

Fathoni, Fathir (2016) Analisis Pengaruh Pengalaman Merek Terhadap Loyalitas Merek Melalui Kepuasan Merek Dan Kepercayaan Merek. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Fathir Fathoni, Program Pascasarjana Universitas Brawijaya Malang, Analisis Pengaruh Pengalaman Merek Terhadap Loyalitas Merek Melalui Kepuasan Merek dan Kepercayaan Merek (Survey pada Pengguna Telepon Seluler Samsung di Kalangan Mahasiswa Program Strata 1 Angkatan 2012/2013 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang); Komisi Pembimbing: Ketua: Prof. Drs. Achmad Fauzi, Dh. MA., Anggota: Dr. Zainul Arifin, MS. Latar belakang penelitian ini adalah dikarenakan penetrasi ponsel yang hampir melebihi jumlah manusia di dunia. Indonesia misalnya, Indonesia tercatat menempati posisi keempat di Asia sebagai pengguna ponsel terbanyak setelah Korea Selatan, China dan Jepang (www.datacon.co.id). Banyak vendor merek ponsel yang ada saat ini misalnya ponsel merek Samsung. Samsung menjadi merek yang cukup terkenal di dunia. Samsung termasuk dalam kategori ponsel terbaik berdasarkan pangsa pasar di dunia. Sedangkan di Indonesia, Samsung termasuk dari 5 merek ponsel yang populer (topbrand-award.com). Adanya banyak vendor ponsel, menuntut semua produsen pemilik merek untuk memenangkan persaingan dengan cara mendapatkan loyalitas dari konsumen terhadap merek. Untuk menciptakan loyalitas diperlukan pengalaman, kepuasan dan kepercayaan terhadap merek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh variabel Pengalaman Merek (X) terhadap Loyalitas Merek (Y3) melalui Kepuasan Merek (Y1) dan Kepercayaan Merek (Y2). Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 116 orang responden yang merupakan mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Administrasi angkatan 2012/2013 Universitas Brawijaya Malang yang menggunakan ponsel Samsung. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis). Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Pengalaman Merek (X) berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Merek (Y1) tetapi tidak signifikan mempengaruhi Kepercayaan Merek (Y2). Pengalaman Merek (X) berpengaruh tidak signifikan terhadap Loyalitas Merek (Y3). Kepuasan Merek (Y1) berpengaruh signifikan terhadap Kepercayaan Merek (Y2). Kepuasan Merek (Y1) berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Merek (Y3), kemudian Kepercayaan Merek (Y2) berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Merek (Y3). Kesimpulan dari penelitian ini adalah Pengalaman Merek mempengaruhi Loyalitas Merek jika melalui Kepuasan Merek dan Kepercayaan Merek. Oleh karena itu faktor kepuasan dan kepercayaan harus diperhatikan untuk mewujudkan sebuah loyalitas terhadap merek.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.834 3/FAT/as/2016/041606042
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: S2/S3 > Magister Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 20 Oct 2016 09:28
Last Modified: 20 Oct 2016 09:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159991
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item