Ekawati, NurlailyHawa (2011) Pengaruh Faktor Sosial serta Pribadi terhadap Sikap dan Minat Pembelian Software Bajakan (Studi pada Mahasiswa di Kota Malang). Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Hadirnya komputer yang relatif semakin murah membuat masyarakat semakin dekat dengan teknologi. Hal ini didukung oleh semakin tingginya pengetahuan masyarakat tentang komputer dan pengetahuan tentang teknologi informasi (TI) yang mendukung kegiatan sosial-bisnisnya, termasuk pada Mahasiswa di kota Malang. Tingginya pengetahuan masyarakat akan teknologi diimbangi dengan tingginya pembajakan software . Pelanggaran atas Hak Kekayaan Intelektual (HKI) di Indonesia terlihat dari hasil survei lembaga Political and Economic Risk Consultasy (PERC) yang melaporkan bahwa Indonesia memiliki catatan terburuk yaitu sebesar 8,5 dari maksimum 10 poin dalam melindungi HKI. Peran Pemerintah dalam mengurangi tingginya angka pembajakan tersebut sangatlah penting, namun akan baik lagi jika pengusaha dapat memahami perilaku konsumen secara keseluruhan, dimana didalamnya menyangkut proses pengambilan keputusan. Literatur pemasaran menyatakan bahwa banyak faktor yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian, salah satunya adalah faktor sosial dan faktor pribadi. Pemahaman tentang pengaruh sosial serta pribadi terhadap sikap dan minat pembelian konsumen akan membantu pengusaha-pengusaha software dan juga Pemerintah dalam penyusunan rencana dan pelaksanaan strategi yang tepat untuk menekan pembajakan software yang terjadi. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui pengaruh faktor sosial terhadap minat pembelian software bajakan (2) mengetahui pengaruh faktor pribadi terhadap minat pembelian software bajakan (3) mengetahui pengaruh faktor sosial terhadap minat pembelian software bajakan yang dimediasi oleh sikap (4) mengetahui pengaruh faktor pribadi terhadap minat pembelian software bajakan yang dimediasi oleh sikap (5) mengetahui pengaruh sikap terhadap minat pembelian software bajakan pada Mahasiswa di Kota Malang. Penelitian yang dilakukan termasuk penelitian penjelasan ( explanatory research) , yaitu menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel penelitian melalui pengujian hipotesa. Jumlah sampel yang diteliti adalah 100 responden. Analisis data yang digunakan adalah analisis jalur ( path analysis ). Hasil dari penelitian ini adalah (1) Faktor sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat pembelian software bajakan (2) Faktor pribadi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat pembelian software bajakan (3) Sikap memediasi faktor sosial terhadap minat pembelian software bajakan (4) Sikap memediasi faktor pribadi terhadap minat pembelian software bajakan, dan (5) Sikap berpengaruh positif dan signifikan secara langsung terhadap minat pembelian software bajakan.
English Abstract
presence of relatively more low-cost computers make people closer to technology. This is supported by increasing public knowledge about computers and knowledge of information technology (IT) that support social and business activities, including students in city of Malang. high tech knowledge society will be offset by high software piracy. Violations of Intellectual Property Rights (IPR) in Indonesia revealed by survey agency Consultasy Political and Economic Risk (PERC) which reported that Indonesia has worst record by 8.5 of a maximum of 10 points in protecting IPR. Role of Government in reducing high rate of piracy is very important, but it would be better if employers can understand consumer behavior as a whole, in which involves decision-making process. Marketing literature states that many factors can influence purchase decision, one of which is social factors and personal factors. An understanding of social influence and personal attitudes and interests of consumer purchases will help entrepreneurs in software as well as Government planning and implementation of appropriate strategies to suppress software piracy that occurs. purpose of this study are (1) determine influence of social factors on purchase intention of pirated software (2) determine influence of personal factors on purchase intention of pirated software (3) determine influence of social factors on purchase intention of pirated software which mediated by attitude (4) determine influence of personal factors against purchase intention of pirated software which mediated by attitude (5) determine effect of attitudes of purchase of pirated software on college students in Malang. Research conducted includes studies explanation (explanatory research), which describes causal relationship between variables of research by testing hypo ses. number of samples studied was 100 respondents. Analysis of data used is path analysis. results of this research are (1) social factors influence positive and significant impact on purchase intention of pirated software (2) personal factors have a positive and significant impact on purchase intention of pirated software (3) Attitudes mediate social factors of purchase intention of pirated software (4) Attitudes mediate personal factors of purchase intention of pirated software, and (5) attitude positive and significant impact directly against purchase intention of pirated software.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | TES/658.834 3/EKA/p/041104807 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing |
Divisions: | S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis |
Depositing User: | Endro Setyobudi |
Date Deposited: | 17 Nov 2011 14:03 |
Last Modified: | 17 Nov 2011 14:03 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159990 |
Actions (login required)
View Item |