Pengaruh Variabel Attractiveness dan Pricing terhadap Buying Intention Rokok Avolution (Studi pada Konsumen Rokok di Malang)

Barar, AwangSyafikSafsal (2010) Pengaruh Variabel Attractiveness dan Pricing terhadap Buying Intention Rokok Avolution (Studi pada Konsumen Rokok di Malang). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PT HM Sampoerna Tbk baru-baru ini meluncurkan produk rokok rendah tar Avolution. Peluncuran ini didasarkan pada kebutuhan pasar yang tinggi terhadap produk rendah tar. Agar berhasil memasarkan produk ini, maka perlu diketahui dengan baik bagaimana tanggapan konsumen terhadap produk baru tersebut, terutama terkait dengan pricing dan attractiveness serta buying intention dari konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh variabel attractiveness, pricing terhadap buying intention (studi pada konsumen rokok di Malang). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan populasi Konsumen rokok yang ada di Malang dengan usia 18 sampai dengan 35 dan belum pernah menikmati rokok Avolution. Dari 100 kuesioner yang disebar kepada responden, diperoleh 60 respon yang dapat digunakan untuk analisis selanjutnya. Hasil yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan regresi berganda. Beberapa temuan penting dalam penelitian ini adalah : bahwa faktor attractiveness dan faktor pricing menentukan keinginan membeli rokok Avolution. Semakin menarik kemasan, aroma dan semakin terjangkau harga yang ditetapkan maka semakin memperbesar keinginan untuk membeli. Hasil ini berlaku baik secara bersama-sama atau sendiri-sendiri (berdasarkan uji F dan uji t). Hasil penelitian ini memberikan implikasi penting bagi PT. HM Sampoerna Tbk. Untuk meningkatkan keberhasilan penjualan Rokok Avolution, maka PT. HM Sampoerna Tbk lebih memperhatikan penampilan warna rokok yang menarik dan harga yang terjangkau bagi rokok Avolution. Kedua variabel tersebut harus dimasukkan menjadi bagian integral sebagai kandungan penting dari strategi pemasaran perusahaan.

English Abstract

A brand new product has been recently launched by PT. HM Sampoerna Tbk, called Avolution cigarette. This launching has been based on high market demand on low-tar product. In order to successfully market this product, it is apparently necessary to know how consumer responses towards this new product, particularly concerning to effect on pricing and attractiveness to buying intention. This study aims at analyzing effect of variable attractiveness and pricing to buying intention as based on a case study to smokers (or cigarette consumers) in Malang. This study is conducted by applying existed population of cigarette consumers in Malang, whose age range from 19 to 35, having not tried this brand new product ( Avolution). It is known from 100 distributed questioners, only 60 responses are valid to be used for fur r analysis. result obtained is next analyzed by employing multiple regression method. re are several important findings in this study, presenting that attractiveness and pricing factors determine significantly Avolution buying intention. more attractive packaging formation, more affordable price fixed, n more buying intention towards this product. This result applies for both simultaneously and partially ( as based on F test and T test ). result of this study provides significant implications for PT. HM Sampoerna Tbk. to raise marketing of Avolution Cigarettes. As a result, it is of vital effort for PT HM Sampoerna Tbk to put a great deal of attention on choosing attractive color and deciding affordable price for Avolution. Such both variables must be included as an integral part of essential content of companys marketing strategy.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.834 3/BAR/p/041100205
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 23 May 2011 09:33
Last Modified: 23 May 2011 09:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159988
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item