Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Sikap Konsumen dan Minat Pembelian Produk Handbag Merek Tiruan (Studi pada Konsumen Wanita di Kota Malang)

Aisyah, IsmiNur (2014) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Sikap Konsumen dan Minat Pembelian Produk Handbag Merek Tiruan (Studi pada Konsumen Wanita di Kota Malang). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Fenomena yang ada saat ini menunjukkan bahwa meningkatnya konsumerisme masyarakat Indonesia ditandai dengan banyaknya pusat perbelanjaan dan perilaku konsumen Indonesia yang memuja produk fashion luar negeri dibandingkan dengan produk lokal sehingga adanya minat konsumen wanita untuk membeli produk handbag merek tiruan untuk mendapatkan prestige berdasarkan simbol merek. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi dan menganalisis pengaruh status konsumsi, kesadaran nilai, perbandingan kualitas-harga dan pengaruh sosial terhadap minat pembelian produk handbag merek tiruan melalui sikap konsumen pada produk tiruan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan melakukan penelitian eksplanatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh konsumen wanita di kota Malang dan diperoleh sampel berjumlah 120 konsumen wanita. Responden dalam penelitian ini adalah responden wanita yang berumur antara 17-50 tahun, responden merupakan penyuka tas/ handbag fashion dari berbagai merek, responden wanita yang sudah pernah membeli tas/ handbag tiruan bermerek atau yang berencana untuk membeli tas/ handbag dalam waktu dekat ini. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis jalur ( path analysis ). Hasil analisis menunjukkan beberapa temuan, pertama sikap dapat memediasi pengaruh dari status konsumsi terhadap minat pembelian produk handbag merek tiruan. Kedua, sikap dapat memediasi pengaruh dari kesadaran nilai terhadap minat pembelian produk handbag merek tiruan. Ketiga, sikap dapat memediasi pengaruh dari perbandingan kualitas-harga terhadap minat pembelian produk handbag merek tiruan. Keempat, sikap dapat memediasi pengaruh dari sosial terhadap minat pembelian produk handbag merek tiruan. Terakhir, sikap berpengaruh terhadap minat pembelian produk handbag merek tiruan.

English Abstract

Today Phenomena shows that rising of Indonesian society consumerism is marked by numerous shopping malls and behavior of consumers in Indonesia who adore fashion products overseas ra r than local products, so that re is an interest from customers to buy counterfeit products brand of women handbag product to gain prestige based on brand symbol. This study aims to identify and analyze effect of status consumption, value consciousness, price-quality inference, social influence on purchase intention counterfeit brand of handbag towards consumer attitudes on counterfeit products. This study used quantitative methods by conducted explanative research. population in this study was all female consumers in city of Malang and samples obtained were 120 female consumers. Respondents in this study were female respondents aged between 17-50 years old, respondents are handbag fashion enthusiasts from various brands, woman respondents who has ever bough counterfeit brand of handbag or who has plan to buy handbag in near future. data analysis methods used path analysis (path analysis). analysis showed several findings. First, attitude may mediate effect of consumption status to purchase intention of counterfeit brand handbag products. Second, attitudes may mediate effects of value consciousness to purchase intention of counterfeit brand handbag products. Third, attitudes may mediate effect of price-quality inference to purchase intention of counterfeit brand handbag products. Fourth, attitudes may mediate effect of social influence to purchase intention of counterfeit brand handbag products. Finally, attitude towards counterfeit products is found to influence purchase intention.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.834 3/AIS/f/041405227
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 15 Sep 2014 09:00
Last Modified: 25 Apr 2019 10:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159982
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item