Tafuli, CliefRechardVictor (2012) Analisis Perilaku Konsumen dalam Membeli Daging Sapi Bali yang Beredar di Kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur. Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian yang dilaksanakan di Kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur pada bulan Januari sampai dengan bulan Maret 2012 bertujuan mengetahui atribut-atribut yang menjadi pertimbangan konsumen di Kota Kupang ketika akan melakukan pembelian daging sapi dan faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam membeli daging sapi di Kota Kupang. Pengambilan sampel menggunakan metode Accidental Sampling , sampel yang diteliti sebanyak 150 responden terdiri atas konsumen daging sapi yaitu konsumen akhir (individu/ rumah tangga) sebanyak 100 responden dan konsumen bisnis (rumah makan:30 responden dan hotel: 20 responden). Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif, data kepuasan pelanggan dianalisis menggunakan analisis IPA ( Importance Performance Analysis ). Permodelan Preferensi Konsumen melalui Analisis Regresi Berganda yang dihitung dengan menggunakan program SPSS atau Statistical Package for Social Science versi 15. Hasil analisis IPA memperlihatkan bahwa secara keseluruhan, keempat indikator yaitu produk, harga, tempat/distribusi, dan promosi berada pada kuadran 2, yaitu importance dan performance tinggi. Indikator produk memiliki importance dan performance yang paling tinggi dibandingkan harga, tempat/distribusi, dan promosi. Hasil analisis regresi linier berganda dari model pertama memperlihatkan bahwa terdapat enam variabel yaitu jenis kelamin (X1), jumlah anggota keluarga (X6), jumlah pembelian (X9), jarak (X13), kontinuitas (X14), dan promosi (X15) yang berpengaruh signifikan terhadap preferensi konsumen yang terlihat dari kandungan lemak. Sedangkan dari model kedua terdapat delapan variabel yaitu jenis kelamin (X1), pekerjaan (X4), penghasilan (X5), jumlah anggota keluarga (X6), hasil olahan (X10), potongan harga (X12), jarak (X13), dan promosi (X15) yang berpengaruh signifikan terhadap preferensi konsumen yang terlihat dari pemilihan produk daging segar oleh responden. Kesimpulan penelitian: diantara atribut-atribut daging sapi yang diteliti maka atribut-atribut yang menjadi pertimbangan konsumen daging sapi di Kota Kupang adalah: a) atribut produk yaitu kandungan lemak, aroma, tekstur, kemasan, kerapian potongan, ukuran berat/timbangan dan bagian daging; b) atribut harga yaitu tingkat harga, cara pembayaran dan potongan harga; c) atribut tempat/ distribusi yaitu jarak, waktu pemesanan, kontinuitas persediaan, lokasi penjualan dan cara penyimpanan; serta d) atribut promosi yaitu hubungan baik dan pemasaran langsung. Faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam membeli daging sapi di Kota Kupang yaitu faktor jenis kelamin, jumlah anggota keluarga dan penghasilan keluarga per bulan.
English Abstract
Research is conducted at Kupang City, East Nusa Tenggara, from January to March of 2012. objective of research is to understand attributes considered by consumer at Kupang City when deciding to purchase beef and to acknowledge factors affecting consumer in purchasing beef cattle at Kupang City. Sampling method is Accidental Sampling. sample is 150 respondents of beef consumer. It comprises to 100 respondents of final consumer (individual/household) and 50 respondents of business consumer (30 restaurants respondent and 20 hotels respondent). Data processing is using descriptive method. Consumer satisfaction data is analyzed by IPA (Importance Performance Analysis). Consumer Preference Modeling is through Multiple Regression Analysis which is calculated using SPSS Program or Statistical Package for Social Science version 15. Result of IPA Analysis indicates that four indicators, such as product, price, place/distribution, and promotion, are remaining in quadrant 2, which is called as high performance and importance. indicator of product has highest performance and importance compared to price, place/distribution and promotion. Result of multiple linear regression analysis against first model shows that re are six variables such as sex (X1), number of family member (X6), purchase rate (X9), distance (X13), continuity (X14), and promotion (X16) with significant effect on preference of consumer toward lipid content. second model involves eight variables such as sex (X1), work (X4), income (X5), number of family member (X6), result of processing (X10), price discount (X12), distance (X13), and promotion (X15) with significant effect on consumer preference as shown by selection of fresh meat product by respondent. Research concludes that among attributes of observed beef, attributes considered by beef consumer at Kupang City are: (a) attributes of product such as lipid content, aroma, texture, package, cutting tidiness, weight size and meat part; (b) attributes of price such as price rate, payment method and price discount; (c) attributes of place/distribution such as distance, order timing, supply continuity, sale location and storage method; and (d) attributes of promotion such as good relationship and direct marketing. factors affecting consumer in purchasing beef at Kupang City are sex, number of family member, and monthly family income.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | TES/658.834 2/TAF/a/041205752 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing |
Divisions: | S2/S3 > Magister Ilmu Ternak, Fakultas Peternakan |
Depositing User: | Endro Setyobudi |
Date Deposited: | 10 Oct 2013 19:34 |
Last Modified: | 10 Oct 2013 19:34 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159980 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |