Rasyid, AhmadKarimur (2010) Atribut Produk Intrinsik dan Ekstrinsik yang Dipertimbangkan Konsumen dalam Membeli Produk Camilan Khas Kota Malang. Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Produk camilan khas merupakan produk yang menampilkan ke khasan suatu daerah selain harus tetap mempertahankan keunggulan bersaingnya sebagai suatu produk makan, dalam menciptakan keunggulan bersaing produknya produsen camilan khas Malang perlu mengetahui atribut-atribut yang dipertimbangkan konsumen dalam memilih produk khas Malang sehingga produk tersebut memiliki karakteristik yang dapat ditonjolkan dan menjadi sebuah keunggulan bersaing. Penelitian ini menganalisis atribut produk camilan khas kota Malang yang dipertimbangkan konsumen majemuk yang memiliki perbedaan budaya, adat, agama serta kebiasaan. Produk camilan khas kota Malang harus mampu memenuhi selera konsumen yang berbeda-beda tetapi tetap mempertahankan ke khasan daerahnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan Atribut produk intrinsik (kandungan gizi, tekstur, kelezatan, rasa, aroma, warna, bentuk) yang di pertimbangkan konsumen dalam memilih produk camilan khas Kota Malang, atribut produk ekstrinsik (desain, merk, label, harga, polusi terhadap lingkungan, bersih, dan kemasan) yang di pertimbangkan konsumen dalam membeli produk camilan khas Kota Malang. Penelitian menggunakan metode penelitian explanatory survey di toko tempat penjualan camilan khas kota Malang di kota Malang. Penelitian ini menggunakan teknik analisis Confirmatory Faktor Analysis (CFA). Temuan penelitian ini ketujuh atribut produk intrinsik yang terdiri dari: kandungan gizi, tekstur, kelezatan, rasa, aroma, warna, dan bentuk serta ketujuh atribut produk ekstrinsik yang terdiri dari: desain, merk, label, harga, polusi terhadap lingkungan, bersih, dan kemasan merupakan atribut yang menjadi pertimbangan konsumen dalam membeli produk camilan khas Malang.
English Abstract
Traditional snack product is a product with protected traditional religion characteristic guaranteed and generate competitive advantage as a food product, to create competitive advantage, domestic snack origin firm in Malang City must know attributes product consumers required to buy traditinal product domestic unfortunate that products have characteristics that can be shown and become a competitive advantage. This reasearch analyzes traditional snack product attributes consumer consideration with different cultures, mores, religion, and habits. Malang city Traditional snack products should be able to consumer satisfy but still keep its traditional characteristic. that differences were very different attributes considered so necessary to identifying attributes being considered. Purpose this research was to describe intrinsic product attributes (nutrient, texture, pleasure, taste, aroma, color, shape) that consumers consideratio to buying a Malang city traditional snack product, and to describe extrinsic product attribute (design, brand, label, price, environmental pollution, clean, and packaging) that consumers consideration to buying a Malang city traditional snack product. This research using explanatory survey research methods. In shop where typical snack sales in city of Malang. This study uses confirmatory factor analysis (CFA). findings of this study seven intrinsic product attributes such as nutrient, texture, pleasure, taste, aroma, color, and shape and seven extrinsic product attributes such as design, brand, label, price, environmental pollution, clean and packaging become consumer considerations to buying a traditional snack products Malang.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | TES/658.834 2/RAS/a/041100717 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing |
Divisions: | S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis |
Depositing User: | Endro Setyobudi |
Date Deposited: | 17 Mar 2011 12:51 |
Last Modified: | 17 Mar 2011 12:51 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159976 |
Actions (login required)
View Item |