Ompusunggu, MarthinPangihutan (2014) Gaya Hidup dan Fenomena Perilaku Konsumen Pada Warung Kopi di Malang. Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengerti gambaran gaya hidup dan fenomena perilaku konsumen pada warung kopi di Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif fenomenologis. Data yang diperoleh melalui wawancara (secara langsung terhadap informan), dokumentasi, dan observasi. Sektor usaha kecil menengah merupakan salah satu pilar dan strategis dalam proses pembangunan perekonomian masyarakat. Perkembangan sektor ini mendapatkan antusias tersendiri dari sebagian orang yang ingin memasuki sektor usaha ini. Hal ini bisa dilihat dari perkembangan warung kopi yang menjamur di berbagai kota besar Indonesia. Jenis usaha ini sangat strategis untuk dikembangkan, karena untuk modal usaha warung kopi tidak terlalu besar dan relatif mudah untuk dijalankannya. Sebagian masyarakat minum kopi sembari melakukan aktivitas seperti transaksi bisnis dengan klien, atau dijadikan tempat arena berkomunikasi dengan keluarga atau rekan, maupun sekedar bersantai dan berkumpul. Kebiasaan sebagian masyarakat tersebut dalam mengisi waktu luang dan menghabiskan uangnya dengan minum kopi di warung kopi menjadikan kegiatan tersebut sebagai salah satu gaya hidup. Jumlah informan pada penelitian ini adalah 7 orang informan. Dari jumlah 7 orang informan akan dikombinasi antara pengelola warung kopi dan konsumen warung kopi. Pengelola warung kopi ditetapkan 3 informan, untuk menggali informasi terkait dengan fenomena bisnis warung kopi. Sedangkan konsumen warung kopi ditetapkan 4 orang informan sesuai dengan kriteria. Fenomena perilaku konsumen warung kopi selalu melakukan aktivitas diskusi, berinteraksi, rapat, karena konsumen warung kopi menganggap bisa merasakan suasana santai tanpa harus dibatasi oleh peraturan. Hal ini berdampak kepada tujuan dan arah pembicaraan yang santai tetapi masih dalam ruang lingkup topik serius. Aktivitas di warung kopi merupakan suatu refleksi kebutuhan yang penting bagi konsumen, dan didorong oleh gaya hidup ngopi. Dalam kebutuhan ini mereka mencari pertukaran informasi, jaringan, atau hal-hal positif lainnya. Berkomunitas menjadi salah satu kebutuhan konsumen warung kopi, karena dalam komunitas memiliki nilai kekeluargaan.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | TES/658.834 2/OMP/g/041403033 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing |
Divisions: | S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 01 Jul 2014 10:00 |
Last Modified: | 01 Jul 2014 10:00 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159970 |
Actions (login required)
View Item |