Pengaruh Lingkungan Fisik, Sikap, Norma Subyektif dan Kontrol Perilaku Terhadap Minat dan Perilaku Pembelian Tidak Terencana pada Pasar Modern : Studi Pada Supermarket di Kota Ambon.

Musa, MohammadNurDeny (2010) Pengaruh Lingkungan Fisik, Sikap, Norma Subyektif dan Kontrol Perilaku Terhadap Minat dan Perilaku Pembelian Tidak Terencana pada Pasar Modern : Studi Pada Supermarket di Kota Ambon. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah untuk memeriksa penerapan ory perilaku yang direncanakan dari Ajzen menuju minat dan perilaku pembelian yang tidak direncanakan yang terutama fokus untuk menganalisis efek lingkungan fisik, sikap, norma subyektif dan perilaku pembelian yang tidak terencana di beberapa supermarket di kota Ambon. Peneliti menganalisis bagaimana efek variabel yang dipelajari terhadap minat dan perilaku pembelian yang tidak direncanakan. Penelitian adalah penelitian penjelasan. Populasi penelitian adalah konsumen yang berbelanja di beberapa supermarket di kota Ambon dengan jumlah responden adalah 174. Penentuan sampel menggunakan metode non probability sampling dengan accedential sampling. Teknik analisis data dalam penelitian adalah analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa re adalah efek langsung dari aspek lingkungan fisik terhadap minat, variabel sikap mempengaruhi langsung ke minat. Hasil analisis membuktikan bahwa norma subyektif yang baik dapat meningkat jelas dan kuat terhadap perilaku pembelian yang tidak direncanakan. Ini juga diindikasikan keberadaan efek tidak langsung antara efek lingkungan fisik yang dirasakan oleh konsumen terhadap keputusan pembelian yang tidak direncanakan yang dimediasi oleh bunga. Akhirnya juga membuktikan bahwa re adalah efek tidak langsung antara kontrol perilaku dan perilaku pembelian yang tidak direncanakan yang dimediasi oleh bunga.

English Abstract

Objective of research is to examine application of ory of planned behavior from Ajzen towards interest and unplanned purchasing behavior that primarily focus to analyze effect of physical environment, attitude, subjective norm and behavior control towards interest and unplanned purchasing behavior in some supermarkets in Ambon City. Researcher analyzed how is effect of variables studied towards interest and unplanned purchasing behavior. research is explanatory research. Population of research was consumer that did shopping in some supermarkets in Ambon city with number of respondent was 174. Sample determination employed non probability sampling method with accedential sampling. Data analysis technique in research was path analysis. Result of research indicates that re is direct effect of physical environment aspect towards interest, attitude variable affects directly towards interest. Result of analysis proves that good subjective norm can increase obviously dan strongly towards unplanned purchasing behavior. It is also indicated existence of indirect effect between physical environment effect perceived by consumer towards unplanned purchasing decision that is mediated by interest. Finally it also proves that re is indirect effect between behavior control and unplanned purchasing behavior that is mediated by interest.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.834 2/MUS/p/041003468
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 26 Nov 2010 12:03
Last Modified: 26 Nov 2010 12:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159969
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item