Peran Emosi Positif sebagai Mediator Stimulus Lingkungan Toko dan Faktor Sosial terhadap Impulse Buying Tendency di Matahari Departement Store Kota Ambon

Hetharie, JondryAdrin (2011) Peran Emosi Positif sebagai Mediator Stimulus Lingkungan Toko dan Faktor Sosial terhadap Impulse Buying Tendency di Matahari Departement Store Kota Ambon. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Realita kondisi Kota Ambon pasca konflik horisontal dan seiring dengan membaiknya kondisi keamanan serta pemulihan ekonomi yang berhasil dilakukan oleh pemerintah, hal tersebut dapat dibuktikan dengan pertumbuhan ekonomi Kota Ambon yang mencapai 5% pada tahun 2008 jika dibandingkan dengan pertumbuhan ekonomi sebesar 0% di tahun 1999. Kondisi tersebut mendorong perkembangan aktivitas bisnis pada umumnya, termasuk mempengaruhi perkembangan sektor perdagangan, dalam hal ini pertumbuhan pasar-pasar modern yang berlomba-lomba menarik pelanggan sebanyak mungkin untuk dapat berbelanja dan bagaimana memberikan pelayanan sebaik mungkin kepada konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menguji stimuli yang diberikan dari lingkungan toko dan sosial toko terhadap kecenderungan pembelian impulsif dimediasi oleh emosi positif konsumen pada Matahari departement store Kota Ambon. Penelitian ini merupakan penelitian penjelas (explanatory research). Populasi penelitian ini adalah konsumen yang berbelanja pada Matahari Departement Store Kota Ambon. Dengan jumlah responden sebanyak 128 orang, penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling . Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Analisis jalur (path analysis) . Hasil analisis menunjukan bahwa terdapat pengaruh langsung aspek lingkungan fisik dan sosial toko terhadap emosi positif konsumen dan kecenderungan pembelian impulsif. Hasil penelitian ini juga menemukan bahwa ada pengaruh langsung emosi positif konsumen terhadap kecenderungan pembelian impulsif dan pengaruh tidak langsung stimulus lingkungan toko dan sosial toko terhadap kecenderungan pembelian impulsif yang dimediasi oleh emosi positif konsumen.

English Abstract

Reality in condition of kota Ambon post-horizontal conflict and along with improvement in security situation also economy restoration has been conducted by government, it is proved in economy growth in kota Ambon reaching 5% in 2008 compared with 0% in 1999. se conditions has encourage business activities in general, affecting commercial growth, in this case growth of modern markets which is vying in attracting as many customers y can get to shops and how to deliver best service toward consumers. This study has objective to test stimulus which is given from store`s environment and store`s social factor toward impulsive buying tendency mediated by positive emotion of consumers at Matahari departement store in Kota Ambon. This study is an explanatory research. Population of this study is consumers who shops in Matahari Department Store in Kota Ambon. With respondent for 128 people, sampling determination is using purposive sampling method. Data analysis technique in this study is using path analysis. Result of analysis showed that re are direct effects from physical environment and social aspect of store toward consumer`s positive emotion and toward impulsive buying tendency. Result of this study also revealed that re are direct effects of consumer`s positive emotion toward impulsive buying tendency and indirect effects of store`s environment stimulus and store`s social factor toward impulsive buying tendency mediated by consumer`s positive emotion.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.834 2/HET/p/041103184
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 02 Nov 2011 10:26
Last Modified: 02 Nov 2011 10:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159965
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item