Analisis Faktor-Faktor Individu yang Mempengaruhi Pasien untuk Melakukan Kunjungan Ulang di Klinik Gigi dan Mulut RSUD Dr. Soegiri Lamongan

Herawati, Umi (2012) Analisis Faktor-Faktor Individu yang Mempengaruhi Pasien untuk Melakukan Kunjungan Ulang di Klinik Gigi dan Mulut RSUD Dr. Soegiri Lamongan. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perawatan gigi bersifat berkelanjutan sehingga memastikan kemauan pasien untuk melakukan kunjungan ulang menjadi langkah penting keberhasilan pelayanan perawatan gigi di rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor individu terhadap perilaku pasien dalam melakukan kunjungan ulang di Klinik Gigi dan Mulut RSUD Dr. Soegiri Lamongan. (2) Untuk mengetahui faktor individu yang mempunyai pengaruh dominan terhadap perilaku pasien dalam melakukan kunjungan ulang di Klinik Gigi dan Mulut RSUD Dr. Soegiri Lamongan. Populasi pada penelitian ini adalah pasien Klinik Gigi dan Mulut RSUD Dr. Soegiri Lamongan yang sudah pernah memanfaatakan pelayanan kesehatan gigi, minimal satu kali kunjungan, penduduk asli Kabupaten Lamongan, usia responden tidak dibatasi. Sampel penelitian ini 82 responden, pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposif sampling . Analisis data penelitian adalah analisis regresi linier berganda dengan dilakukan analisis faktor terlebih dahulu. Temuan penelitian menunjukkan : (1) Kepercayaan terhadap provider merupakan item utama pembentuk variabel predisposing factor. (2) Biaya perawatan merupakan item utama pembentuk variabel enabling factor . (3) Rasa sakit akibat sakit gigi merupakan item utama pembentuk variabel illness level . (4) predisposing factor , enabling factor dan illness level secara bersama sama (simultan ) mempengaruhi kunjungan ulang di Klinik Gigi dan Mulut RSUD Dr. Soegiri Lamongan. (5). Predisposing factor, enabling factor secara parsial tidak siknifikan mempengaruhi kunjungan ulang di Klinik Gigi dan Mulut RSUD Dr. Soegiri Lamongan, illness level yang siknifikan mempengaruhi kunjungan ulang di Klinik Gigi dan mulut RSUD Dr. Soegiri Lamongan. (6) Illness level merupakan faktor dominan yang mempengaruhi pasien untuk melakukan kunjungan ulang pasien di Klinik Gigi dan Mulut RSUD Dr. Soegiri Lamongan. (7) Illness level yang mempunyai kontribusi sangat tinggi untuk melakukan kunjungan ulang adalah akibat sakit gigi terhadap penampilan dan rasa tidak nyaman.

English Abstract

Dental treatments are continous, re for ensuring patients willingness to revisit is an important step in determining success of dental treatment in hospitals. This research is intended (1) To understand influence of individual factors, toward patients behavior of revisiting in Dental and Mouth Clinic Dr. Soegiri Lamongan Public Hospital (2) To uncover which factors have dominant effect towards patient behavior of revisiting in Dental and Mouth Clinic Dr. Soegiri Lamongan Public Hospital. population for this research are revisiting patients, at least 1 revisit, from Dental and Mouth Clinic Dr. Soegiri Lamongan Public Hospital, lived in Lamongan city sorounding, and age are not limited. This research ga red 82 respondent using purposive sampling. Data analysis used were multi factor linear regression analysis and factor analysis prior to regression analysis. research suggest (1) beleifs towards provider s a main item forming predisposing factor variable (2) Medical cost is a main item forming enabling factor variable, (3) Pain caused by dental is a main item forming illness level variable. (4) Predisposing Factor, enabling factor and illness level simultaneously influence revisiting in Dental and Mouth Clinic Dr. Soegiri Lamongan Public Hospital (5) Predisposing factor and enabling factor partially do not significant influence revisiting in Dental and Mouth Clinic Dr. Soegiri Lamongan Public Hospital, only illness level significant influence revisiting in Dental and Mouth Clinic Dr. Soegiri Lamongan Public Hospital (6) Illness level is a dominant factor in influencing revisting behaviour in Dental and Mouth Clinic Dr. Soegiri Lamongan Public Hospital (7) indicator of illness level that has highest contribution to revisiting is due to pain, appearances, and uncomfortness

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.834 2/HER/a/041204303
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen Rumah Sakit, Fakultas Kedokteran
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 08 Feb 2013 14:01
Last Modified: 08 Feb 2013 14:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159964
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item