Abdillah, Adil (2011) Pengaruh Neurotisisme, Materialisme dan Orientasi Fashion terhadap Pembelian Kompulsif (Keranjingan Belanja) (Studi terhadap Mahasiswa Universitas Brawijaya Malang). Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Perkembangan teori tentang perilaku konsumen menemukan adanya bagian dari sisi buruk perilaku berbelanja konsumen. Perilaku tersebut adalah pembelian kompulsif. Penelitan ini merupakan replikasi dari penelitian Johnson dan Attman (2009). Peneliti ingin membuktikan pola hubungan dari veriabel yang digunakan dalam penelitian tersebut, diaplikasikan di Indonesia. Apakah ditemukan adanya perbedaan signifikansinya pola hubungan antar variabel ataukah sama, dimana ada perbedaan latar belakang antara penelitian ini dan penelitian terdahulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur, menggunakan 100 reponden dari mahasiswa Universitas Brawijaya Malang. Penelitian membuktikan bahwa semua jalur adalah signifikan positif dan dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh langsung kecenderungan neurotisisme, materialisme, dan orientasi pada fashion terhadap pembelian kompulsif dan pengaruh tidak langsung terhadap pembelian kompulsif melalui materialisme dan orientasi fashion . Dengan demikian materialisme dan orientasi terhadap fashion memperkuat kecenderungan neurotisisme terhadap perilaku pembelian kompulsif.
English Abstract
Development of ory of consumer behavior found any part of bad side of consumer shopping behavior. Such behavior is compulsive buying. This research study is a replication of Johnson and Attman (2009). Researchers wanted to prove a pattern of relationships variable used in study, applied in Indonesia. Was re a significance difference in pattern of relationships among variables or similar, where re are differences in background between this study and previous studies. method used in this study is path analysis, using 100 respondents from Brawijaya University students of Malang. Research shows that all paths are significant positive and it can be concluded that direct influence of tendency of neuroticism, materialism, and orientation to fashion of compulsive buying and indirect effect on compulsive buying through materialism and fashion orientation. Thus materialism and fashion orientation to reinforce tendency toward neuroticism compulsive buying behavior.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | TES/658.834 2/ABD/p/041104121 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing |
Divisions: | S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis |
Depositing User: | Endro Setyobudi |
Date Deposited: | 24 Oct 2011 10:44 |
Last Modified: | 24 Oct 2011 10:44 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159959 |
Actions (login required)
View Item |