Pengaruh Orientasi Pasar dan Kompetensi Sumber Daya Manusia Terhadap Nilai Pelanggan dan Kepuasan Pasien ( Studi pada Rumah Sakit Dirgahayu di Kota Samarinda, Kalimantan Timur ).

Kusrihandayani, Dyah (2010) Pengaruh Orientasi Pasar dan Kompetensi Sumber Daya Manusia Terhadap Nilai Pelanggan dan Kepuasan Pasien ( Studi pada Rumah Sakit Dirgahayu di Kota Samarinda, Kalimantan Timur ). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung orientasi pasar dan kompetensi sumber daya manusia terhadap nilai pelanggan dan kepuasan pasien. Jenis penelitian yang di gunakan adalah penelitian dasar yang bertujuan menjelaskan hubungan kausalitas antara variabelvariabel melalui pengujian hipotesis. Pada penelitian ini terdapat dua variabel eksogen yaitu orientasi pasar dan kompetensi sumber daya manusia serta dua variabel endogen yaitu nilai pelanggan dan kepuasan pasien. Penelitian ini di lakukan pada rumah sakit Dirgahayu di kota Samarinda, Kalimantan Timur, dengan sampel yang di teliti pasien rawat inap pada rumah sakit Dirgahayu yang berjumlah 100 orang. Teknik pengambilan sampel terdiri dari data primer yaitu hasil jawaban kuisioner dan data skunder yang di peroleh dari internet dan instansi yang terkait yaitu rumah sakit Dirgahayu dan Dinas Kesehatan Kota Samarinda. Uji instrument penelitian menggunakan uji validitas dan reliabilitas melalui SPSS. Hasil analisis path menunjukkan bahwa : (1). Orientasi pasar berpengaruh langsung terhadap nilai pelanggan, (2). kompetensi sumber daya manusia berpengaruh langsung terhadap nilai pelanggan (3). orientasi pasar berpengaruh langsung terhadap kepuasan pasien, (4) kompetensi sumber daya manusia berpengaruh langsung terhadap kepuasan pasien, (5) nilai pelanggan berpengaruh langsung terhadap kepuasan pasien, (6). orientasi pasar berpengaruh tidak langsung terhadap kepuasan pasien melalui nilai pelanggan, dan (7). kompetensi sumber daya manusia berpengaruh tidak langsung terhadap kepuasan pasien melalui nilai pelanggan.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.83/KUS/p/041100207
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 04 Feb 2011 13:57
Last Modified: 04 Feb 2011 13:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159958
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item