Hubungan Kausalitas antara Atribut yang Berhubungan dengan Produk, Atribut yang Berhubungan dengan Aspek Non-Produk, Kepuasan, Kepercayaan, Komitmen, dan Loyalitas Nasabah (Studi pada Nasabah Kredit U

Wijayanti, Ajeng (2012) Hubungan Kausalitas antara Atribut yang Berhubungan dengan Produk, Atribut yang Berhubungan dengan Aspek Non-Produk, Kepuasan, Kepercayaan, Komitmen, dan Loyalitas Nasabah (Studi pada Nasabah Kredit U. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kausalitas antara atribut yang berhubungan dengan produk, atribut yang berhubungan dengan aspek non-produk, kepuasan, kepercayaan, komitmen, dan loyalitas nasabah Kredit Usaha Mikro (KUM) Mandiri di Kediri. Sampel penelitian ini adalah nasabah Kredit Usaha Mikro (KUM) Mandiri di Kota dan Kabupaten Kediri yang berjumlah 100 responden. Hipotesis penelitian diuji dengan mengembangkan model konseptual kemudian data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan model persamaan struktural (SEM) dengan bantuan program AMOS 6. Berdasarkan hasil pengujian validitas dan reliabilitas instrumen, semua item pertanyaan dalam kuesioner adalah valid dan reliabel. Selanjutnya, berdasarkan hasil analisis confirmatory factor analysis (CFA) dan penghitungan construct reliabiltity serta variance extracted , menunjukkan bahwa semua konstruk memiliki validitas dan reliabilitas konstruk yang baik, serta secara full model , model yang dikembangkan memiliki goodness of fit indeks yang baik .Selanjutnya, hasil pengujian hipotesis dengan analisis SEM disimpulkan bahwa (1)Atribut yang berhubungan dengan produk berhubungan positif terhadap kepuasan nasabah, (2) Atribut yang berhubungan dengan aspek non-produk berhubungan positif terhadap kepuasan nasabah, (3) Kepuasan nasabah berhubungan positif terhadap kepercayaan nasabah, (4) Kepuasan nasabah tidak berhubungan positif terhadap komitmen nasabah, (5) Kepercayaan nasabah berhubungan positif terhadap komitmen nasabah untuk selalu bermitra dengan Bank Mandiri, (6) Kepuasan nasabah tidak berhubungan positif terhadap loyalitas nasabah, (7) Kepercayaan nasabah berhubungan positif terhadap komitmen nasabah (8) Komitmen nasabah berhubungan positif terhadap loyalitas nasabah kepada Bank Mandiri.

English Abstract

This study aims to determine causal relationship between product-related attributes, non-product aspect-related attributes, satisfaction, trust, commitment, and loyalty of Mandiri micro credit customers in Kediri. re are 100 respondents who participated as sample of this study and y are Mandiri Micro Credit customers in Kediri. research hypo sis was tested by developing a conceptual model and n data were analyzed using descriptive statistics and structural equation modeling (SEM) with help of AMOS 6. Based on results of instrument validity and reliability testing, all items in questionnaire are considered valid and reliable. Fur rmore, based on results of analysis using Confirmatory Factor Analysis (CFA) and calculation of variance extracted and construct reliability, it is shown that all constructs have good construct validity and reliability, and in terms of full model, model developed is considered having goodness of fit indices. In addition, results hypo sis testing by using SEM analysis concluded that (1) product-related attributes are positively related to customer satisfaction, (2) non-product related-attributes are positively related to customer satisfaction, (3) customer satisfaction is positively related to customer confidence, (4) customer satisfaction is not positively related to customer commitment, (5) customer trust is positively related to customers commitment to be partner of Mandiri Bank, (6) customer satisfaction is not positively related to customer loyalty, (7) customer trust is positively related to customer commitment, and (8) customer commitment is positively related to customer loyalty to Mandiri Bank.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.827/WIJ/h/041205182
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 18 Feb 2013 16:08
Last Modified: 18 Feb 2013 16:08
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159957
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item