Pengaruh Ekuitas Merek pada Kepuasan Konsumen Teh Botol Sosro di Kota Malang

Subianto (2011) Pengaruh Ekuitas Merek pada Kepuasan Konsumen Teh Botol Sosro di Kota Malang. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel ekuitas merek (kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas merek, dan loyalitas merek) terhadap keputusan membeli konsumen minuman Teh Botol Sosro. Data yang dianalisa berasal dari 100 responden yang merupakan konsumen minuman Teh Botol Sosro yang terdaftar pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Unibraw dan telah menjadi konsumen minuman Teh Botol Sosro selama lebih dari satu tahun. Alat analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil dari regresi linier berganda menunjukkan bahwa secara simultan ekuitas merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan membeli konsumen , dengan nilai Fhitung sebesar 21,792. Secara parsial, variabel kesadaran merek berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan membeli konsumen dengan nilai thitung sebesar 1,039. Demikian juga dengan variabel asosiasi merek dengan nilai thitung sebesar 1,136. Sedangkan variabel persepsi kualitas merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan membeli konsumen dengan nilai thitung sebesar 3,303. Variabel loyalitas merek juga mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan membeli konsumen dengan nilai thitung sebesar 2,517. Dan nilai ajusted R square sebesar 0,459. Kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas merek, dan loyalitas merek mempunyai hubungan positif atau searah dengan keputusan membeli konsumen . Persepsi kualitas merek merupakan variabel yang dominan dalam mempengaruhi keputusan membeli konsumen. Hasil penelitian dapat digunakan dalam strategi pemasaran, sebaiknya pihak perusahaan mempertahankan dan meningkatkan ekuitas merek untuk memperoleh keputusan membeli konsumen, terutama persepsi kualitas merek minuman Teh Botol Sosro karena variabel ini yang dominan dalam mempengaruhi keputusan membeli konsumen minuman Teh Botol Sosro.

English Abstract

aim of this research is to know influence of Brand Equity to Consumer Satisfaction of Teh Botol Sosro.Teh botol is an output of Agricultural Product wich have been sold during last ten years spectaculary and have put acide Coca Cola as an exist beveraga product in market. analizeddata is from 100 respondent who consumed for at least one year. Teh data analized tool is Multyple Linear Regression. result of Multiple Linear Regression shows that Brand Equity is simultaneously influence Consumer Satisfaction significantly. Partialy, Brand Awarness influence consumer satisfaction unsignifcantly. O rwise Brand Quality Perception, Perceived Quality and Brand Loyalty also influence Consumer Satisfaction significantly. ajusted r square is 0.459 means Consumer Satisfaction of Teh Botol Sosro almost in a half is ifluenced by Brand Equity. brand Awarness, Brand Association, Brand Quality Perception and Brand Loyalty wich a part of Brand Equity have positive conection or in same direction with Consumer Satisfaction. result of this research can be used for marketing strategy. company should endure and icrease brand Equity to get Consumer Satisfaction, especialy Brand Quality Perception, because this variable is most dominant variable wich influence Consumer Satisfaction of Teh Botol Sosro.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.827/SUB/p/041104805
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 16 Nov 2011 14:23
Last Modified: 16 Nov 2011 14:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159953
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item