Dampak Brand Extension terhadap Brand Personality (Studi Eksperimental pada Brand KOMPAS)

Sofyan, MuhammadIdham (2012) Dampak Brand Extension terhadap Brand Personality (Studi Eksperimental pada Brand KOMPAS). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui perbedaan persepsi pada brand personality KOMPAS antara sebelum dan sesudah pengenalan brand extension KOMPAS. Penelitian ekplanasi ini menggunakan teknik penulisan deskriptif dengan pendekatan eksperimental. Desain eksperimental yang digunakan adalah a-within subjects experimental design , yaitu desain penelitian eksperimental membandingkan dua atau lebih kondisi perlakuan yang berbeda (atau membandingkan perlakuan dan kontrol) dengan mengamati atau mengukur satu kelompok peserta dalam seluruh perlakuan yang diberikan dan hasilnya dibandingkan. Personality model adalah salah satu pendekatan untuk mengukur brand personality KOMPAS yang mengacu pada lima dimensi utama Geuens, et al. terdiri dari dimensi responsibility , activity , aggresiveness , simplicity , dan emotionality . KOMPAS, sebagai brand, melakukan strategi pengembangan brand dengan memperpanjang brand menjadi Kompas.com dan KOMPAS TV dan diduga dapat merubah brand personality KOMPAS. Partisipan dalam penelitian ini sebanyak 11 orang. Proses analisis data menggunakan dua teknik analisis data, yaitu analisis faktor konfirmatori dan analisis varians multivariat. Temuan dalam penelitian antara lain terbentuk komposit yang membentuk 7 (tujuh) faktor baru sehingga merepresentasikan Brand Personality KOMPAS, yaitu Reliable, Relevant, Involve, Up to date, Representative, Trustworthy, dan Emotionally Touch ; dan pemberian perlakuan secara statistik signifikan memberikan perbedaan persepsi pada partisipan dalam menilai seluruh faktor dari Brand Personality KOMPAS dengan signifikansi 10%. Pada akhirnya, adanya brand extension berdampak pada perubahan brand personality KOMPAS.

English Abstract

aim of this research is knowing difference of perception on brand personality KOMPAS; before-after brand extension introduction. This explanatory research written in descriptive and applied experimental approach. This research design is a-within-subjects experimental design, in which researcher compares two or more different treatment conditions (or compares treatment and control) by observing or measuring same group of individuals in all of treatment conditions being compared. personality model is an approach to determine brand personality refer to big five dimension by Geuens, et. al (responsibility, activity, aggresiveness, simplicity, and emotionality). As a brand, KOMPAS execute brand development strategies by extending its brand to Kompas.com and KOMPAS TV which assumed it can change major brand personality. number of participants is 11 person. technique of data analysis exploit confirmatory factor analysis and multivariate analysis of variance. findings were: composit forming to be 7 (seven) newly factors stand for brand personality KOMPAS (reliable, relevant, involve, up to date, representative, trustworthy, and emotionally touch); and by giving treatments are significantly different changed perception of participants to examine factors on brand personality KOMPAS with 10% level of significance. For result, by extending its brand, personality of KOMPAS are change.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.827/SOF/d/041300155
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 10 Oct 2013 19:02
Last Modified: 10 Oct 2013 19:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159952
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item