Analisis Pengaruh Faktor Brand Image Dan Brand Attitude Terhadap Brand Equity Dan Minat Pembelian Ulang (Studi Pada Kentucky Fried Chicken (Kfc) Di Kota Malang)

Imaaduddiin, Tegar (2011) Analisis Pengaruh Faktor Brand Image Dan Brand Attitude Terhadap Brand Equity Dan Minat Pembelian Ulang (Studi Pada Kentucky Fried Chicken (Kfc) Di Kota Malang). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini menganalisis pengaruh Brand Image dan Brand Attitude terhadap Brand Equity dan Minat Pembelian Ulang. Selain itu penelitian ini juga menganalisis pengaruh tidak langsung Brand Image dan Brand Attitude terhadap minat pembelian ulang yang dimediasi oleh brand equity. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh konsumen dewasa dari Kentucky Fried Chicken di Kota Malang dengan sampel penelitian sebanyak 100 orang. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Structural Equation Modelling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Brand Image dan Brand Attitude secara langsung berpengaruh terhadap brand equity,Brand Image dan Brand Attitude secara langsung berpengaruh terhadap minat pembelian ulang, brand equity secara langsung berpengaruh terhadap minat beli ulang dan brand equity mampu memediasi pengaruh antara Brand Image dan Brand Attitude dengan Minat Pembelian Ulang. KFC harus mampu membaca tren yang ada di masyarakat, baik itu dengan melakukan pengamatan ataupun dengan melakukan survey. Menemukan dan merumuskan peluang bisnis yang bisa digarap dan tidak melenceng jauh dari core bisnis yang telah ada. KFC telah melakukan hal ini, yaitu dengan menjual CD music indie.Mengembangkan ide / konsep bisnis yang inovatif dan sesuai dengan demand pasar. Hal yang telah dilakukan oleh KFC adalah dengan menciptakan sebuah konsep kedai kopi yang dinamakan KFC Coffee. Hal ini dilakukan untuk menciptakan image bahwa KFC adalah sebuah produk lifestyle dan menyesuaikan dengan pangsa pasar yang berupa remaja dan dewasa. Melakukan inovasi dalam produk, pelayanan dan promosi. Selalu mengedukasi dan memberikan pelatihan kepada karyawan agar sesuai dengan kultur bisnis yang diadopsi. Hal ini perlu dilakukan mengingat kultur bisnis bisa berubah sesuai dengan perubahan strategi perusahaan. Melakukan promosi terhadap produk, layanan dan promo yang sedang dilakukan. Mengembangkan proses inovasi yang berkesinambungan dan berjangka panjang. Salah satunya adalah mengahadapi tantangan stigma bahwa makanan cepat saji tidaklah baik untuk kesehatan. KFC selaku pemain besar dalam industry ini harus bisa meyakinkan masyarakat bahwa produk mereka ramah kesehatan dan lingkungan.

English Abstract

This study analyzed influence of Brand Attitude and Brand Image on Brand Equity and Repurchase Intention. In addition this study also analyzed effect of indirect Brand Image and Brand Attitude towards repurchase intention re-mediated by brand equity. population of this study was all adult consumers of Kentucky Fried Chicken in Malang with study sample as many as 100 people. Analysis of data used in this study using Structural Equation Modelling (SEM). results showed that Brand Image and Brand Attitude directly affect brand equity, Brand Image and Brand Attitude directly affects repurchase intention, brand equity interests directly affected re-purchase intention and brand equity is able to mediate effect between Brand Image and Brand Attitude toward repurchase intention. KFC should be able to read trends that exist in society, ei r by observation or by conducting surveys. Discover and formulate a business opportunity to work with and does not deviate significantly from existing core business. KFC has been doing this, namely by selling music CDs indie. Develop some ideas / innovative business concepts and in accordance with market demand. This has been done by KFC is to create a concept coffee shop called KFC Coffee. This is done to create image that KFC is a lifestyle product and adjust market share of teenagers and adults. To innovate in products, services and promotions. Always educate and provide training to employees to fit business culture are adopted. This needs to be done considering business culture can be changed according to changes in corporate strategy. Promotion of products, services and promos that are being done. Develop a process of continuous innovation and long-term. One of m is challenge facing stigma that fast food is not good for health. KFC as major players in this industry should be able to convince public that ir products are environmentally friendly and health.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.827/IMA/a/2014/041501301
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 22 Jun 2015 10:09
Last Modified: 22 Jun 2015 10:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159944
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item