Yunitarini, Rika (2012) Perancangan dan Implementasi Perangkat Lunak Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) dengan Metode Framework Of Dynamic CRM (Studi Kasus : RSIA Melati Husada Malang). Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Mengelola hubungan baik dengan pelanggan merupakan strategi perusahaan dalam rangka meningkatkan loyalitas penggunaan produk/jasa yang ditawarkan oleh perusahaan. Selain dapat meningkatkan pendapatan dalam jangka waktu yang panjang, pelanggan yang loyal dapat membentuk image positif terhadap produk/jasa yang dimiliki perusahaan. Pesatnya persaingan bisnis dan perkembangan teknologi informasi ikut berperan mengubah paradigma bisnis, yaitu model bisnis yang memiliki keunggulan kompetitif adalah model bisnis yang mengimplementasikan teknologi informasi di dalamnya. Hal ini mendorong perusahaan untuk memanfaatkan teknologi dalam memelihara hubungannya dengan pelanggan agar terbentuk loyalitas pelanggan di tengah semakin ketatnya persaingan bisnis dan tuntutan dari customer . Penelitian ini bertujuan untuk membangun perangkat lunak e-CRM dengan metode framework of dynamic CRM di RSIA Melati Husada Malang sebagai teknologi yang dapat membantu mengelola hubungan pihak rumah sakit dengan pelanggan/pasien sehingga pelanggan memperoleh kemudahan dan kenyamanan akan pelayanan rumah sakit yang pada akhirnya nanti dapat terbentuk loyalitas pelanggan. Pada perancangan dan implementasi perangkat lunak ini, penulis menggunakan metode system development life cycle (SDLC) dan kemudian menghasilkan prototype e-CRM yang dibangun berbasis web dengan bahasa pemrograman PHP dan DBMS MySql. Prototype e-CRM ini telah diuji dari segi verifikasi, validasi, dan pengujian prototype , dari hasil pengujian tersebut, dapat disimpulkan bahwa prototype e-CRM ini telah berhasil dan sesuai dengan tujuan perencanaan.
English Abstract
Customer relationship management is a business strategy in order to improve customer loyalty. Loyalty from customer can maximize company income and create positive image of product/service branding. rapidly of business competition and information technology development have already change business paradigm, that is business model can earn competitive qualitative by implement information technology inside. This condition stimulate every company to use technology to manage ir relationship with customer so it can build customer loyalty. aim of this research is to build e-CRM software based on framework of dynamic CRM method in Melati Husada woman and children hospital Malang, as technology that can assist hospital management to manage ir relationship with customer so that customer become more easily and comfortable with hospital services and in end can create customer loyalty. This e-CRM software is develop by using system development life cycle (SDLC) method and produce website of e-CRM prototype by using PHP programming and Database Management System ( DBMS ) MySql. This Prototype has been evaluate through verification testing, validation testing, and prototype testing. From testing procedure, we can conclude that e-CRM prototype is already success and suitable with analysis and design purpose.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | TES/658.812/YUN/p/041202371 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing |
Divisions: | S2/S3 > Magister Teknik Elektro, Fakultas Teknik |
Depositing User: | Endro Setyobudi |
Date Deposited: | 10 Oct 2012 09:18 |
Last Modified: | 10 Oct 2012 09:18 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159931 |
Actions (login required)
View Item |