Triadinda, Dexi (2016) Peranan Relational Benefits dan Perceived Value Dalam Meningkatkan Trust dan Loyalitas Pelanggan Klinik Kecantikan (Studi pada Miracle Aesthetic Clinic Malang. Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini menganalisis pengaruh relational benefits dan perceived value dalam meningkatkan trust dan loyalitas pelanggan. Penelitian ini menggunakan data 130 kuesioner dengan penentuan sample menggunakan metode purposive sampling yang dikumpulkan dari klinik kecantikan Miracle Aes tic Malang, sebagai populasinya adalah keseluruhan pelanggan Miracle Clinic yang saat itu sedang berada di Miracle Clinic. Alat analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modelling (SEM) pada program SmartPLS versi 2.0. Hasil analisis menunjukkan bahwa relational benefits yang memiliki pengaruh tertinggi terhadap trust dan loyalitas. Perceived value memiliki pengaruh terhadap peningkatan trust dan loyalitas pelanggan. Dalam penelitian ini trust juga mampu meningkatkan loyalitas pelanggan serta meningkatkan pengaruh antara relational benefits terhadap loyalitas dan perceived value terhadap loyalitas secara parsial. Pelanggan yang loyal memberikan kontribusi terhadap Miracle dengan melakukan pemasaran secara tidak langsung yaitu word of mouth, selanjutnya pelanggan menjadikan Miracle Clinic Malang sebagai preferensi utama dalam memilih jasa kecantikan. Implikasi manajerial yang dapat disarankan oleh penelitian ini adalah menitikberatkan pada penerapan relational benefits dan meningkatkan perceived value pelanggan lama maupun pelanggan baru agar pelanggan semakin percaya pada perusahaan dan loyal.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | TES/658.812/TRI/p/2016/041700127 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing |
Divisions: | S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 17 May 2017 13:43 |
Last Modified: | 17 May 2017 13:43 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159925 |
Actions (login required)
View Item |