Suwarti (2012) Pengaruh Reminding terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus PT. Telkom Semarang). Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Salah satu sektor bisnis pada jasa telekomunikasi di Indonesia yang mengalami pertumbuhan pesat adalah industri telekomunikasi. Hal tersebut menjadikan persaingan di bidang telekomunikasi semakin kuat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa efektifitas reminding untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Semua perusahaan mempunyai pelanggan sebagai sumber penghasilan.Reminding adalah mengingatkan ataupun memberitahukan kepada pelanggan akan produk atau jasa yang digunakan agar pelanggan tetap loyal, dengan adanya reminding pelanggan akan tahu hak dan kewajiban yang harus dilakukan. Kepuasan pelanggan dapat menjadi dasar menuju terwujudnya konsumen yang loyal. Tujuan perusahaan perlu diukur. apakah efektif atau tidak, jika tidak dilakukan akan sulit diketahui apakah tujuan perusahaan dapat dicapai atau tidak. Efektifitas bertujuan untuk menentukan tingkat pencapaian hasil atau manfaat yang diinginkan. Untuk menilai kualitas jasa pelayanan PT. Telkom Semarang digunakan lima dimensi kualitas jasa yaitu reliability, responsiveness, assurance, emphaty dan tangibles . Dikenal dengan servqual. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif yaitu dengan penelitian studi kasus. Dengan langkah-langkah mulai dari pengumpulan data, penyusunan dan analisis data serta interpretasi dari data analisis.Rata-rata efektifitas kepuasan pelanggan dari ke ima dimensi pada PT Telkom Semarang sebesar 71.115 berada pada rentang nilai skor 68 - 84 dengan kriteria efektif. Dalam hal ini efektifitas reminding dalam kategori efektif dalam meningkatkan kepuasan pelanggan studi kasus PT. Telkom Semarang.
English Abstract
One of business sector on telecommunications services in Indonesia is experiencing rapid growth is telecommunication industry. It results in competition in telecommunications sector is getting stronger. purpose of this study was to analyze effectiveness of reminding to improve customer satisfaction. All companies have a customer as a source of income.Reminding remind or inform customer will use product or service that customers remain loyal, in presence reminding customers will know ir rights and obligations that must be done. Customer satisfaction can be basis for creation of a loyal customer. Corporate objectives need to be measured. whe r effective or not, if not done will be difficult to know whe r companys goals can be achieved or not. Effectiveness aims to determine level of achievement of desired results or benefits. To assess quality of PT services. Semarang Telkom used five dimensions of service quality, namely reliability, responsiveness, assurance, and tangibles emphaty.It is called servqual. method used is descriptive research is a case study. With steps ranging from data collection, compilation and analysis of data and interpretation of data analisis.Rata average effectiveness of customer satisfaction to priesthood at PT. Telkom Semarang dimension of 71 115 are in range of score 68 - 84 with effective criteria. In this case effectiveness of reminding category to be effective in improving customer satisfaction case study PT. Telkom Semarang.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | TES/658.812/SUW/p/041202496 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing |
Divisions: | S2/S3 > Magister Teknik Elektro, Fakultas Teknik |
Depositing User: | Endro Setyobudi |
Date Deposited: | 18 Oct 2012 12:53 |
Last Modified: | 18 Oct 2012 12:53 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159924 |
Actions (login required)
View Item |