Kajian Kepuasan Masyarakat Kota Malang terhadap Kualitas Layanan Angkutan Umum dengan Menggunakan Metode Structural Equation Modeling (SEM) (Studi Kasus Angkutan Kota Trayek AG dan Trayek TST)

Napitupulu, RudyChristantoCollin (2012) Kajian Kepuasan Masyarakat Kota Malang terhadap Kualitas Layanan Angkutan Umum dengan Menggunakan Metode Structural Equation Modeling (SEM) (Studi Kasus Angkutan Kota Trayek AG dan Trayek TST). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Masalah utama yang diduga menjadi pemicu rendahnya minat masyarakat Kota Malang untuk menggunakan angkutan umum adalah rendahnya kualitas pelayanan angkutan umum baik ditinjau dari pengguna ( user ), operator maupun dimensi kebijakan pemerintah ( regulator ). Terkait dengan masalah tersebut penelitian ini memiliki tujuan utama untuk mengukur seberapa besar tingkat kepuasan user terhadap kualitas pelayanan angkutan umum saat ini (angkutan kota trayek AG dan trayek TST). Metode analisa yang digunakan dalam mencapai tujuan adalah metode analisis deskriptif, analisis evaluatif, dan analisis Structural Equation Modeling (SEM). Besarnya sampel penumpang yang digunakan dalam penelitian adalah 200 penumpang yang terbagi menjadi 100 penumpang trayek AG dan 100 penumpang trayek TST, sedangkan sampel angkutan untuk kepentingan survei dinamis adalah 30 unit kendaraan trayek AG dan 9 unit trayek TST. Selanjutnya dari hasil analisis diperoleh gambaran bahwa sebagian besar pergerakan penumpang adalah merupakan pergerakan rutin selama 6 hari dengan maksud untuk pulang ke rumah. Hasil analisis kinerja operasional : 1) Penumpang AG (66%) dan TST (81%) tidak melakukan perpindahan moda lagi; 2) Kecepatan rata-rata angkutan kota trayek AG adalah 22,19 km/jam dan TST adalah 18,34 km/jam;3) Waktu menunggu 5 menit; 4) Waktu perjalanan 2 jam 5) Load factor dinamis untuk AG(37,55%) dan TST (34,35%). Keseluruhan hasil kinerja operasional angkutan umum di Kota Malang dinilai masih layak berdasarkan Pedoman Teknis Penyelenggaraan Angkutan Penumpang Umum di Wilayah Perkotaan dalam Trayek Tetap dan Teratur (Dirjen Hubdat, 2002), namun berdasar hasil survey masih ditemukan ketidakpuasan penumpang terhadap kualitas layanan. Berdasar hasil analisis SEM, variabel yang berpengaruh terhadap kepuasan adalah secure , comfort , acces , cost dan environt friendly untuk taryek AG dan comfort , acces , reliability dan cost untuk trayek TST.

English Abstract

main problem is thought to be trigger of low interest of community in Malang city to use public transport is poor quality of service public transportation both in terms of use, operator and dimension of government policy (regulator), problems associated with main objective of this research has to measure extent of user satisfaction on quality of public transport services currently (public transport AG route, and TST route). Analysis methods used in achieving goal is descriptive analysis, evaluative analysis, and structural equation modeling (SEM) analysis. amount of passengers that used sample in this study is 200 passengers are divided into 100 passengers route AG and 100 passengers route TST, while transport of samples for purpose of survey dynamic is AG route 30 vehicles and 9 units of TST route. Fur r analysis of results indicated that most of movement of passengers is a regular movement for 6 days with intent to return home. analysis of operational performance: 1). Passenger AG (66%) and TST (81%) no longer make shift moda; 2). Average speed of urban transportation routes AG is 22, 19 km/hours and TST is 18,34 km/hours; 3). Waiting time 5 minutes; 4). Travel time 2 hours; 5). Dynamic load factor for AG (37,55%) and TST (34,35%). overall result of operational performance of public transport in city of Malang still considered feasible based on technical guidelines for implementation of public passenger transport in urban areas in fixed routes and regular (Dirjen, Hubdat, 2002), however, based on survey results were still found dissatisfaction with quality of passenger service. Base on results of SEM analysis, variables that influence satisfaction are secure, comfort, access, cost and environment friendly for AG route and comfort, access, reliability and cost for TST route.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.812/NAP/k/041200798
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: S2/S3 > Magister Teknik Elektro, Fakultas Teknik
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 29 Aug 2012 09:53
Last Modified: 29 Aug 2012 09:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159901
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item