Pengaruh Corporate Image terhadap Loyalty berdasarkan perspektif Relationship Marketing, studi pada komunitas sepeda motor Honda di Malang, Jawa Timur.

Kaparang, GratiaNatrina (2016) Pengaruh Corporate Image terhadap Loyalty berdasarkan perspektif Relationship Marketing, studi pada komunitas sepeda motor Honda di Malang, Jawa Timur. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Corporate image ditemukan dan terbentuk melalui nilai yang diberikan oleh perusahaan kepada konsumen sehingga mereka mendapatkan kesan yang positif terhadap perusahaan. Teori psikologi stimulus-respon dan kognitivisme menjelaskan pengaruh citra perusahaan terhadap loyalitas konsumen (Davidoff, 1998). Azas guna dan manfaat mengajarkan kita tentang kesesuaian guna dan manfaat yang telah menjadi model untuk perusahaan dan konsumen. Teori citra mengatakan bahwa ketika sebuah perusahaan memiliki sepuluh gambaran citra, maka itu adalah sebuah perusahaan dengan citra yang baik, dan konsumen akan datang untuk membeli produk. Hipotesis penelitian yaitu, corporate image berpengaruh signifikan terhadap trust, commitment, dan loyalty, kemudian trust berpengaruh signifikan terhadap commitment dan loyalty, serta commitment berpengaruh signifikan terhadap loyalty. Populasi merupakan komunitas sepeda motor Honda di Kota Malang, dan sampel sebanyak 130 responden yang diperoleh dengan menggunakan metode purposive sampling. Uji validitas menggunakan teknik Pearson Product Moment dengan taraf signifikansi sebesar 5%. Untuk mengukur tingkat validitas digunakan rumus koefisien korelasi Product Moment dan untuk uji reliabilitas digunakan program SPSS versi 20.0 formula reliabilitas dengan metode Alpha (Arikunto, 2002). Kesimpulan penelitian ini, corporate image berpengaruh positif dan signifikan terhadap trust, corporate image berpengaruh positif dan signifikan terhadap commitment, corporate image berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalty, trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap commitment, trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalty, dan commitment berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalty. Kemudian menyarankan kepada PT Astra Honda Motor agar semakin memperkuat image perusahaan, melakukan manajemen dan pengembangan rutin terhadap website resminya, serta diharapkan penelitian ini dapat dikembangkan pada penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.812/KAP/p/2016/041612177
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: S2/S3 > Magister Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 06 Dec 2016 08:19
Last Modified: 06 Dec 2016 08:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159890
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item