Kinerja Pelayanan PDAM Tirta Segah Kota Tanjung Redeb Kabupaten Berau

Awalya, Riziah (2012) Kinerja Pelayanan PDAM Tirta Segah Kota Tanjung Redeb Kabupaten Berau. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pengelolaan pelayanan air bersih untuk kebutuhan masyarakat Kota Tanjung Redeb dilaksanakan oleh PDAM Tirta Segah. Dalam pelaksanaannya, sistem penyediaan air minum di Kota Tanjung Redeb belum dapat berjalan dengan lancar. Terdapat beberapa permasalahan yang ada yaitu survey sementara yang telah dilakukan, air PDAM hanya mengalir dalam 18 jam/hari. PDAM Tirta Segah juga menghadapi tantangan untuk meningkatkan kinerja dalam rangka mengatasi peningkatan konsumsi air masyarakat. Untuk itu tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui kinerja pengelolaan distribusi air bersih, mengidentifikasi atribut atau faktor yang menjadi prioritas utama dalam meningkatkan kinerja dalam pengelolaan sistem distribusi air bersih, dan upaya apa yang dilakukan untuk meningkatkan pelayanan sistem penyediaan air bersih oleh PDAM berdasarkan kepuasan pelanggan di Kota Tanjung Redeb. Metode analisis yang digunakan untuk mengukur tingkat kepentingan dan kepuasan konsumen terhadap pelayanan perusahaan adalah metode IPA. Setelah dilakukan analisis dengan menggunakan metode IPA, maka diperoleh hasil yang menyatakan bahwa kinerja pengelolaan sistem distribusi air bersih dalam memenuhi kebutuhan pelanggan cukup baik, hal ini dapat dilihat dari tingkat kepuasan masyarakat atau pelanggan terhadap pelayanan PDAM yang perlu dipertahankan cukup banyak yaitu dari 32 faktor pelayanan ada 18 faktor pelayanan yang harus dipertahankan, dan faktor yang menjadi prioritas utama untuk diperbaiki demi meningkatkan kinerja pengelolaan air bersih adalah kelancaran aliran air, serta upaya yang dapat dilakukan untuk memperbaiki penyebab kelancaran aliran air, salah satunya adalah dengan dengan cara mengecek pipa-pipa PDAM secara rutin, memperbaiki kerusakan pipa maupun alat lainnya yang dapat mengganggu pengiriman air bersih pada pelaggan, sehingga pelanggan menjadi lebih puas terhadap pelayanan PDAM.

English Abstract

Management of water services to needs of implemented by PDAM Tirta Segah Tanjung Redeb satiated. In practice, system of water supply in Tanjung Redeb not been able to run smoothly. re are some existing problems while survey was done, tap water to flow in only 18 hours/day. For purpose of this study was to determine performance of management of water distribution, identify attributes or factors that top priority in improving performance in management of water distribution systems, and what efforts are being made to improve water supply system services by public water utilities based on customer satisfaction in Tanjung Redeb. Analytical methods used to measure level of interest and customer satisfaction with service company is method of science. Having performed analysis using IPA, obtained results stating that performance management of water distribution system in meeting customer needs quite well, this can be seen from community or customer satisfaction levels of service taps that need to be maintained pretty much that of 32 factors of service re are 18 factors of service that must be maintained, and factors that a top priority for repair in order to enhance performance of water management is smooth flow of water, and attempts to do to fix cause of smooth flow of water, one of which is a way to check pipes taps on a regular basis, repair damage to pipes and o r equipment that could interfere with water delivery to customers, so customers become more satisfied with service PDAM.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.812/AWA/k/041204204
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: S2/S3 > Magister Teknik Elektro, Fakultas Teknik
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 20 Dec 2012 09:40
Last Modified: 20 Dec 2012 09:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159869
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item