Riswati, Any (2014) Pengaruh Green Marketing dan Marketing Mix terhadap Customer Preference dan Dampaknya terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswa S2 Konsumen Aqua-Danone, Fakultas Ilmu Administrasi, Universit. Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Green marketing merupakan konsep pemasaran hijau yang ramah terhadap kelestarian alam dan lingkungan, green marketing didefinisikan sebagai suatu proses manajemen yang bertanggung jawab untuk mengidentifikasi, mengantisipasi dan memuaskan kebutuhan dari konsumen secara profitable dan berkelanjutan (Peattie,1992). Aqua Danone menggunakan strategi green marketing sebagai poros strategi pemasaran ramah lingkungan yang sukses, karena aqua memiliki kebijakan lingkungan “ Water Ground Policy” dalam mengelola lingkungan. Didukung dengan adanya strategi marketing mix sebagai alat komunikasi yang terbaik untuk konsumen dalam menentukan pilihan terhadap produk ramah lingkungan sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli dan mengkonsumsi produk yang menguntungkan bagi konsumen dan lingkungan. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh signifikan green marketing dan marketing mix terhadap customer preference. Mengetahui dan menjelaskan pengaruh signifikan green marketing dan marketing mix terhadap keputusan pembelian. Mengetahui dan menjelaskan customer preference terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan metode analisis jalur ( path analysis ) disertai dengan pengujian hipotesis guna mengetahui pengaruh signifikan terhadap variabel yang sudah ditentukan. Populasi yang diambil dari mahasiswa S2 FIA UB konsumen Aqua Danone, dengan sampel sebanyak 75 orang dengan teknik pengambilan data angket one shoot study . Hasil penelitian menunjukkan pengaruh green marketing terhadap customer preference signifikan, green marketing berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan pembelian, marketing mix berpengaruh tidak signifikan terhadap customer preference, marketing mix berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, dan customer preference berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini terbatas dengan menggunakan data one shoot study. Penelitian yang akan datang diharapkan dapat menggunakan jenis penelitian kualitatif guna mengetahui secara mendetail dampak produk terhadap lingkungan dalam jangka panjang.
English Abstract
Green marketing is concept of green marketing that is friendly to nature and environmental sustainability, green marketing is defined as a management process responsible for identifying, anticipating and satisfying needs of consumers is profitable and sustainable (Peattie, 1992). Aqua Danone uses green marketing strategy as environmentally friendly marketing strategy shaft successful, because aqua have an environmental policy "Ground Water Policy" in managing environment. Supported by marketing mix strategy as best communication tool for consumers in determining choice of eco-friendly products before deciding to buy and consume products that benefit consumers and environment. purpose of study is to examine and explain significant influence of green marketing and marketing mix on customer preference. Know and explain significant influence of green marketing and marketing mix to purchasing decision. Know and explain preference of customer purchase decision. This study uses path analysis (path analysis) along with hypo sis testing to determine significant influence on variables that are already defined. Population taken from S2 FIA UB student consumer Danone Aqua, with a sample of 75 people with questionnaire data collection techniques shoot one study. results of green marketing on customer preference significantly, green marketing is not a significant influence on purchasing decisions, marketing mix insignificant effect on customer preferences, marketing mix significantly influence purchase decisions, and customer preferences significantly influence purchasing decisions. study was limited to one-shoot-study used data. Future research is expected to use this type of qualitative research in order to know in detail impact of products on environment in long term.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | TES/658.802/RIS/p/041407787 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing |
Divisions: | S2/S3 > Magister Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Administrasi |
Depositing User: | Endro Setyobudi |
Date Deposited: | 05 Dec 2014 10:46 |
Last Modified: | 05 Dec 2014 10:46 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159857 |
Actions (login required)
View Item |